nusabali

Feng Shui : Pohon (Bagian 2)

  • www.nusabali.com-feng-shui-pohon-bagian-2

Banyak sekali buku-buku rujukan ilmu Feng Shui yang menyebutkan bahwa pohon juga memiliki roh.

Atau, ada anggapan bahwa pohon yang berdiri kokoh tepat di depan rumah akan menghalangi Chi (energi) yang akan masuk ke dalam rumah, bahkan ada anggapan akan membawa sial bagi penghuni rumah. Karena alasan inilah kemudian banyak orang yang mengambil sikap hati-hati dan perlu mempertimbangkan jenis pohon apa yang akan ditanam. Bahkan ada yang tidak mau mengambil risiko dengan memilih menebang pohon rindang yang berada di depan rumah.

Pendapat tentang adanya makhluk halus dan pembawa sial pada sebatang pohon rasanya perlu untuk dipertanyakan lagi. Karena itu, langkah ‘menebang’ pohon tidak sepenuhnya bisa dibenarkan. Lain halnya apabila pohon tersebut memang nyata-nyata besar dan mempersulit jalan menuju pintu utama rumah. Atau, jika pohon tersebut membuat lantai halaman menjadi bergelombang dan merusak pondasi rumah, maka Anda punya masalah yang ada di luar teori ilmu Feng Shui.

Anda harus bersikap lebih bijaksana. Kalau memang ada pohon rindang menjadikan suasana gelap di dalam rumah, maka pangkaslah seperlunya pada bagian tertentu. Tanaman yang mati atau hampir mati hendaknya disingkirkan sesegera mungkin agar tidak menimbulkan suasana gersang dan sumpek.

Anda mungkin pernah membaca buku-buku Feng Shui atau mendengar akan ‘bahaya’ menanam kaktus di halaman rumah. Atau, Anda pernah pula mendengar petuah serupa pada tanaman berdaun tajam. Buku-buku Feng Shui populer kerap menjejali pikiran dengan pembahasan yang ‘seram’ yang seakan menggiring opini Anda untuk yakin pada wujud terburuk yang disebut sebagai ‘Panah Beracun’.

Mungkin saja pengarang buku-buku Feng Shui tersebut tidak salah. Namun, mereka juga tidak sepenuhnya bisa dibenarkan. Coba Anda datang ke Los Angeles. Pada wilayah Barat, Anda akan dapat melihat di sepanjang Bundy and Exposition Boulevard, bagaimana kaktus-kaktus besar dan kokoh berdiri tegak di sekeliling rumah dekat jendela seakan-akan menjadi penjaga rumah yang baik dari serangan jahat. Bukankah ini sebuah cara pengamanan yang sempurna.

Nah, kini tinggal bagaimana Anda menilai fungsi pohon di halaman rumah Anda. Yang pasti, Anda tidak perlu meyakini seratus persen pada buku, petuah, atau apa pun pendapat praktisi Feng Shui yang menurut logika sulit untuk diterima. Ingatlah, Feng Shui adalah ilmu harmoni yang penuh dengan logika dan kenyataan. Jadi, hiduplah realistis, bukan dogmatis. *

Komentar