nusabali

135 Pejabat 'Bersaing' Isi 38 Formasi Lowong

  • www.nusabali.com-135-pejabat-bersaing-isi-38-formasi-lowong

Jabatan lowong yang paling ‘laris’ adalah eselon IIIb setingkat kabid. Pelamar yang mendaftar 67 orang, ‘bersaing’ untuk 11 posisi yang masih kosong.

BANGLI, NusaBali

Kalangan pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemkab Bangli akan tarung bersaing memperebutkan 38 formasi jabatan lowong. Data terakhir, sebanyak 135 pejabat yang daftar di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) yang siap ‘bersaing’ merebut formasi kosong. Untuk keperluan tersebut, para peserta/pelamar diwajibkan presentasi.

Tujuannya agar bupati tahu kompetensi, kapasitas, dan komitmen pejabat bersangkutan pada formasi yang dilamar. Hasil penilaian atau skor dari presentasi itulah salah satu penentu penempatan/mutasi pejabat bersangkutan. Sebelumnya informasi yang  berkembang, pengisian formasi tersebut dilakukan pada Kamis (12/1) besok.

“Itu baru rencananya,” kata Sekkab Bangli Ida Bagus Gede Giri Putra yang sekaligus Ketua Baperjakat Pemkab Bangli, Selasa (10/1).

IBG Giri tak menjelaskan lebih jauh soal tersebut. Dikatakan data soal berapa formasi yang kosong dan berapa total pelamar, ada di BKD. “Maaf niki tiyang masih ada tamu,” imbuhnya.

IBG Giri Putra menegaskan bupati nanti yang menentukan pejabat, kalau sampai ada formasi yang lowong tidak ada pelamar. Yang pasti, bupati telah menginstruksikan agar pejabat yang memenuhi persyaratan wajib melamar.

Sementara data dari BKD menunjukkan formasi jabatan lowong yang paling ‘laris’ adalah posisi jabatan untuk eselon IIIb. Formasi ini setingkat kepala bidang (kabid) pada dinas/badan. Untuk formasi jabatan eselon IIIb ini, jumlah semua formasi 90, sedang yang sudah terisi 79. Pelamar yang mendaftar 67 orang. Selanjutnya posisi laris kedua, formasi untuk jabatan eselon IVa setingkat kasubag dan kasubid. Total formasi untuk eselon IVa sebanyak 361. Yang sudah terisi 337, sehingga masih kosong 24. Selanjutnya  formasi jabatan untuk eselon IVb, setingkat kasi di kelurahan hanya ada 3 pelamar dari 1 formasi yang kosong. Jumlah formasi untuk eselon IVb, 24 formasi. Sedang untuk jabatan eselon IIIa, setingkat kabag/sekretaris dinas/badan jumlah formasi  45. Sudah terisi 43, sehingga kosong 2 formasi. Sementara pelamarnya 9 orang.

Kepala BKD Kabupaten Bangli Ni Putu Koesalireni, menjelaskan lamaran untuk pengisian formasi jabatan yang kosong tersebut disampaikan melalui Surat Edaran No 800/014/BKD tanggal 4 Januari 2017. Dikatakannya, setelah mendaftar, tinggal menunggu proses presentasi saja.  

Sesungguhnya masih ada 5 formasi jabatan lowong untuk eselon IIb setingkat kadis/kepala badan, sehingga jumlah keseluruhan formasi jabatan kosong 43. Namun untuk pengisian posisi jabatan eselon IIb ini mesti lewat lelang jabatan, melibatkan panitia seleksi (pansel). “Ini merupakan jabatan pimpinan tinggi (JPT), harus melalui pansel,” jelas Koesalireni. * k17

Komentar