nusabali

Operasi Pasar Turunkan Harga Cabai

  • www.nusabali.com-operasi-pasar-turunkan-harga-cabai

Beberapakali ‘operasi pasar’ di Denpasar membuat harga cabai yang sebelumnya di atas Rp 100 ribu per kilogram, berangsur turun di kisaran Rp 90 ribu.

DENPASAR, NusaBali
Melonjaknya harga cabai di seluruh Indonesia membuat masyarakat banyak yang mengeluh. Untuk membantu masyarakat Pemerintah Kota Denpasar melalui Disperindag Kota Denpasar, Tim Pemantau Inflasi Daerah (TPID) Kota Denpasar bekerjasama dengan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) menggelar Operasi Pasar Cabai Rawit di Pasar Kreneng, Jumat (13/1).

General Manager PT PPI Imam Supingi mengatakan, Operasi Pasar ini dilakukan untuk membantu Pemerintah Kota Denpasar agar masyarakat bisa membeli harga cabai dengan harga murah. Selain itu kegiatan ini untuk mengantisipasi harga cabai mengalami kenaikan terlalu lama. Dalam Operasi Pasar ini pihaknya menyediakan sebanyak 100 kg cabai rawit. Harga cabai rawit di pasaran mencapai Rp 100 ribu per kg, sedangkan masyarakat bisa membeli cabai rawit dalam operasi pasar ini dengan harga Rp 70 ribu per kg.  Dalam operasi pasar ini pihaknya bisa berikan dengan harga murah karena PT PPI memasok langsung dari Kota Malang.

Sedangkan Operasi Pasar Cabai Rawit yang dilaksanakan pada tanggal 6 Januari 2017 lalu di Pasar Kreneng dan Pasar Badung cabainya dipasok dari luar daerah. ‘’Dengan menggelar Operasi Pasar ini harga  cabai di pasaran sudah mengalami penurunan menjadi Rp 90 ribu hingga Rp 95 ribu per kg,’’ ujarnya.

Dalam Operasi Pasar ini pihaknya juga menyediakan 1 ton beras super dan 1 ton gula pasir. Dimana beras per 5 kg dijual Rp 50 ribu dan Gula Pasir dijual Rp 12.500.

Sementara Kabid Kerjasama dan Perlindungan Disperindag Kota Denpasar, Jarot Agung Iswayudi mengatakan, dalam Operasi Pasar, masyarakat bisa membeli cabai dengan lebih murah dibandingkan di pasaran. Operasi Pasar ini juga telah dilaksanakan pada tanggal 6 Januari. Dengan Operasi ini dari hasil pemantauan yang dilakukan Disperindag setiap hari harga cabai sudah ada penurunan dari harga Rp 100 ribu menjadi Rp 90 ribu hingga Rp 95 ribu per kg. ‘’Dengan operasi pasar ini kami harapkan masyarakat ada pilihan untuk membeli cabai rawit yang lebih murah,’’ harapnya.

Selain itu yang dengan operasi pasar ini, ia juga mengharapkan harga cabai mengalami penurunan lagi untuk hari-hari berikutnya. Agar tidak ada permainan harga dari para pedagang pihak Disperindag Kota Denpasar akan terus melakukan pemantauan setiap harinya. Dari pemantauan dilakukan setiap harinya ia juga berharap mengalami penurunan di Kota Denpasar meskipun harga pasokan cabai di seluruh Indonesia mengalami kenaikan yang diakibatkan cuaca.

Salah Satu Pembeli Ibu Ida mengaku sangat terbantu dengan adanya Operasi Pasar ini. Menurutnya ia bisa membeli cabai dengan harga Rp 70 ribu per kg, harga tersebut lebih murah pedagang lainnya. Tidak hanya cabai dalam operasi pasar ini ia juga bisa membeli beras dan gula dengan harga murah. Untuk itu ia berharap kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan. *cr63

Komentar