nusabali

Dikira Ikan Tumpek, Ternyata Mayat Mr X

  • www.nusabali.com-dikira-ikan-tumpek-ternyata-mayat-mr-x

Mayat Mr X ditemukan nelayan mengambang di perairan Kecamatan Kubu, Karangasem, dalam kondisi telah membusuk, Rabu (18/1) sekitar pukul 10.00 Wita.

AMLAPURA, NusaBali

Temuan mayat yang semula disangka ikan tumpek, tersebut langsung dilaporkan ke Polsek Kubu. Polsek Kubu menindaklanjuti laporan itu ke Pos SAR dan BPBD Karangasem. Petugas gabungan dikoordinasikan SAR Karangasem melakukan evakuasi dari Pos Pol Air Kubu, sekitar 8 mil dari Pantai Lebah, Desa Sukadana, Kecamatan Kubu.

Sejumlah nelayan yang menemukan mayat lelaki yang diduga warga lokal adalah, I Ketut Supartayasa, I Nengah Sadu, I Wayan Dayun, dan I Made Suta Mahardika, dari Banjar/Desa Kubu, Kecamatan Kubu.

Suta Mahardika yang melaporkan temuan itu ke Polsek Kubu. Selanjutnya, evakuasi menggunakan speed boat Pos Pol Air Kubu dan rubber boat SAR Karangasem. Pos Pol Air Kubu dipimpin Aiptu I Made Darsa, SAR Karangasem dikoordinasikan I Wayan Suwena, juga dibantu petugas Balawista Kecamatan Kubu I Ketut Suparta. Hadir pula Kasat Pol Air Polres Karangasem AKP I Made Wartama, BPBD dikoordinasikan I Komang Budiasa, Camat Kubu I Made Suartana, Kapolsek Kubu AKP I Gede Sukadana, dan yang lainnya.

Jasad Mr X tiba di Pantai Lebah sekitar pukul 14.15 Wita, langsung diturunkan di Kuburan Banjar Desa Pakraman Lebah. Dari kuburan diangkut ambulans ke RSUD Karangasem.

Jasad Mr X yang hanya mengenakan celana hitam pendek, mata, bibir, dan hidungnya telah hilang, di bagian tangannya telah hancur. Diperkirakan mayat itu mengambang selama lima hari.

Koordinator Pos SAR Karangasem I Wayan Suwena hanya menduga mayat itu adalah orang lokal. “Itu baru perkiraan, melihat dari ciri-ciri fisik, celananya tidak besar,” ucapnya.

Sementara mayat Mr X dititipkan di RSUD Karangasem, untuk kepentingan identifikasi dan otopsi. Kasatpol Air Polres Karangasem AKP I Made Wartama, tidak berani memperkirakan, apakah mayat itu warga negara asing atau warga lokal. “Saya belum bisa menentukan asal usul mayat itu,” kata AKP Wartama.

Camat Kubu I Made Wartama mengatakan, selama ini tidak ada laporan warga lokal hilang. “Saya pastikan, jasad Mr X itu bukan warga dari Kecamatan Kubu,” kata dia.

Nelayan Suta Mahardika yang menemukan mayat lelaki itu, mengatakan, mulanya memancing ikan tumpek, setelah mendekat dia menemukan tumpukan sampah dan mayat lelaki. “Langsung saya foto, saya kira ikan tumpek ternyata mayat lelaki tengadah, saya laporkan ke Polsek Kubu,” kata Suta Mahardika. * k16

Komentar