nusabali

6 OPD Kesulitan Kantor dan SDM

  • www.nusabali.com-6-opd-kesulitan-kantor-dan-sdm

Sedikitnya enam OPD (organisasi perangkat daerah) di Karangasem kesulitan mendapatkan kantor dan SDM (sumber daya manusia).

AMLAPURA, NusaBali

Akibatnya, rumah dinas Ketua/Wakil Ketua DPRD Karangasem, dijadikan kantor agar semua OPD bisa menjalankan tugas.

Masyarakat belum mengetahui secara umum, lokasi kantor baru OPD. Sebab, belum ada papan kantor baru, kecuali Kantor Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, di Jalan Veteran Amlapura. Sebab, kantor ini usai dibangun, lengkap dengan plang permanen.

Sekkab Karangasem I Gede Adnya Muliadi mengakui, belum memiliki kantor yang representatif untuk OPD, dan belum juga memiliki SDM untuk mengisi sejumlah jabatan. Hal itu diungkapkan di Amlapura, Kamis (19/1).

Keenam OPD tersebut yakni Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman berkantor di bekas Kantor DKP. Dinas Pemadam Kebakaran berkantor di rumah dinas Ketua DPRD. Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana berdinas di rumah Wakil Ketua DPRD. Dinas Ketahanan Pangan berkantor di bekas Kantor P2T (Pelayanan Perizinan Terpadu). Dinas Kebudayaan nempel dengan Dinas Pariwisata di Gedung Civic Center, dan Satuan Polisi Pamong Praja berkantor di bekas Kantor Disdikpora Karangasem.

Padahal rumah dinas Ketua/Wakil Ketua DPRD rencananya direhab. “Memang adanya demikian, sehingga semua gedung yang ada terpakai untuk OPD yang baru, sambil melakukan penataan,” kata Sekkab Adnya Muliadi.

Disebutkan di beberapa jabatan OPD setingkat eselon II/B masih lowong, sehingga dalam waktu dekat melakukan pengisian jabatan. Misalnya, Dinas Kebudayaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan,  dan sebagainya, untuk sementara di-Plt-kan.

Rata-rata OPD menempati gedung baru belum diplaspas, mulai Selasa (10/1). Satpol PP misalnya, menempati eks Gedung Disdikpora Karangasem tanpa melalui upacara. “Kan, pas hari Purnama, Kamis (12/1) menggelar upacara, matur piuning di palinggih padmasana,” jelas Kasat Pol PP I Ketut Wage Saputra. *k16

Komentar