nusabali

Pratima Pura Dalem Nongan Raib

  • www.nusabali.com-pratima-pura-dalem-nongan-raib

Kasus pencurian pratima kembali terjadi.

AMLAPURA, NusaBali
Kali ini sasarannya pratima di Pura Dalem, Desa Pakraman Nongan, Kecamatan Rendang, Karangasem. Kasus perusakan gembok di Gedong Pasimpenan Pura Dalem Nongan tempat menyimpan pratima diketahui Kelian Pangempon Ida Ketut Andel Erawan, 40, Minggu (22/1) sekitar pukul 18.00 Wita.

Sore itu Ida Ketut Andel berniat membeli beras di tempat penyosohan beras milik I Wayan Latra. Namun sebelum tiba di tempat penyosohan beras, berjarak sekitar 200 meter dari Pura Dalem, Ida Ketut Andel mendapatkan firasat kurang baik.

Karenanya, Ida Ketut Andel terlebih dahulu pergi ke Pura Dalem untuk mengecek kondisi Pura Dalem. Setibanya di Pura Dalem dia terkejut. Gembok Gedong Pasimpenan telah lepas bekas tercongkel, gemboknya tergeletak.

Sebelum melakukan pemeriksaan lebih jauh, dia memberitahukan kasus itu kepada Ngakan Mangku Wisnaya pamangku di Pura Dalem dan pangempon I Ketut Merta. Mereka bertiga menuju Pura Dalem. Kemudian, pintu Gedong Pasimpenan dibuka, didapati barang-barang sakral berserakan.

Benda sakral yang hilang antara lain uang bolong 600 kepeng, bunga emas 6 tangkai, dua set wastra di dalam dua bakul, kotak penyimpanan barang-barang sakral, sebuah topeng cendana satu buah. Sedangkan benda sakral yang tersisa sebuah genta dan pengawin satu pasang.

Kelian Pangempon Ida Ketut Andel selanjutnya melaporkan ke Polsek Rendang. Petugas Polsek Rendang dipimpin Kapolsek Kompol I Nengah Berata kemudian mendatangi TKP, dengan mengajak petugas INAFIS (Indonesia Automatic Fingerprint Identification System)) Polres Karangasem.

Ternyata tidak ditemukan sidik jari yang dicurigai. Sebab, TKP tidak utuh lagi, telah bercampur dengan sidik jadi pangempon pura. Meski demikian petugas tetap melakukan penyelidikan terkait kasus itu.

“Kasus pencurian pratima tetap dalam penyelidikan,” jelas Kompol Nengah Berata seizin Kapolres Karangasem AKBP Sugeng Sudarso.    

Pihak pangempon Pura Dalem berharap agar pencurinya tertangkap. Sebab telah menodai kesucian Pura Dalem dan membuat leteh pratima yang ada. Secara terpisah Kapolres AKBP Sugeng Sudarso mengingatkan masyarakat agar lebih proaktif melakukan pengamanan dengan sistem pamswakarsa, terutama mengaktifkan Pos Kamling. Sehingga terhindar dari aksi pencurian pratima. “Warga bisa berkoordinasi dengan petugas Babinkamtibmas dan petugas Linmas dan pecalang desa pakraman setempat,” jelas Kapolres AKBP Sugeng Sudarso. * k16

Komentar