nusabali

APBDes Diverifikasi, Gaji Perbekel Ngadat

  • www.nusabali.com-apbdes-diverifikasi-gaji-perbekel-ngadat

Perbekel di 75 desa di Kabupaten Karangasem belum menerima gaji bulan Januari 2017.

AMLAPURA, NusaBali
Gaji 75 perbekel beserta perangkat desa di Kabupaten Karangasem belum cair, lantaran verifikasi Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) 2017 belum selesai diverifikasi. Untuk kelancaran aktivitas di kantor perbekel, sementara ditalangi perbekel. Namun ada juga yang menggunakan dana SILPA (sisa lebih penggunaan anggaran) tahun 2016.

Ketua Forum Perbekel Karangasem I Gede Partadana dan segenap perbekel mengakui, gaji perbekel dan perangkat desa belum cair, karena belum bisa diamprah. Partadana yang juga Perbekel Bebandem, Kecamatan Bebandem, mengatakan, APBDes 2017 tengah diverifikasi di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Karangasem. Setelah lolos di Dinas PMD, selanjutnya dimintakan rekomendasi dari camat setempat.

“Makanya gaji perbekel dan perangkat desa termasuk 12 kelian banjar dinas, belum cair. Mengamprah saja belum, karena APBDes masih diverifikasi,” kata Partadana, Senin (30/1).

Partadana menambahkan, agar aktivitas di Kantor Desa Bebandem bisa berjalan, terutama pengadaan ATK, maka diupayakan menggunakan dana SILPA. “SILPA bisa dimohon untuk kegiatan rutin. Itu mengacu Permendagri No 113 Tahun 2015,” ucap Partadana.

Partadana menambahkan, di Desa Bebandem memiliki SILPA sekitar Rp 60 juta. Sehingga cukup digunakan untuk menalangi ATK selama Januari 2017. “Nanti Februari 2017 optimis pembayaran gaji dan pembelian ATK lancar,” jelas Partadana.

Berbeda dengan kondisi di Desa Tribuana, Kecamatan Abang. Perbekel Tribuana I Made Pasek menuturkan, di desa itu tidak punya SILPA. “Khusus untuk keperluan ATK, kami yang menalangi. Sedangkan gaji perbekel dan perangkat desa termasuk lima kelian banjar belum cair,” tuturnya.

Sebab, menurut Made Pasek, APBDes 2017 masih diverifikasi di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Perbekel Amerta Bhuana, Kecamatan Selat, I Wayan Suara mengatakan, gaji perbekel belum cair sehubungan belum bisa amprah, karena APBDes 2017 masih diverifikasi.

Dari 75 desa di Karangasem yang perbekel dan perangkat desanya belum menerima gaji tersebut tersebar di delapan kecamatan, yakni, Kecamatan Rendang 6 desa, Sidemen 10 desa, Manggis 12 desa, Karangasem 9 desa, Abang 13 desa, Kubu 9 desa, Bebandem 8 desa, dan Selat 8 desa.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa I Komang Daging dihubungi terpisah mengakui verifikasi APBDes 2017 dari 75 perbekel tengah berjalan. “Sebab APBDes 2017 mulai masuk seminggu terakhir. Mudah-mudahan Februari 2017 verifikasi bisa tuntas,” ujar Komang Daging, yang mantan Camat Selat dan Camat Karangasem. * k16

Komentar