nusabali

Pohon Pisang Bertandan Lima dan Lima Jantung Bikin Heboh

  • www.nusabali.com-pohon-pisang-bertandan-lima-dan-lima-jantung-bikin-heboh

Aneh tapi nyata, pohon pisang hijau atau biu lumut milik I Made Rai Karodana, 42, di Banjar Cau, Desa Tua, Kecamatan Marga, Tabanan bertandan lima dan memiliki lima jantung.

TABANAN, NusaBali
Kesemua tandan berkembang dengan baik namun buahnya masih kecil-kecil. Keanehan lainnya, buah pisang itu tidak muncul di ujung gedebong (pohon) melainkan di tengah-tengah. Pisang aneh ini pun menghebohkan krama yang penasaran ingin melihat gedebong bertandan lima dan memiliki lima jantung itu.

Menurut Rai Karodana, sejak pohon itu ditanam di kebun di belakang pekarangan rumahnya, pohon pisang tumbuh dengan normal. Ia baru tahu pohon pisang yang berumur 6 bulan itu berbuah aneh pada Minggu (29/1). Itu pun tahunya secara tidak sengaja karena tidak fokus ingin lihat kebun pisang. Saat datang ke kebun itulah ia kaget melihat pohon pisangnya berbuah aneh. “Baru saya perhatikan ternyata ada pohon pisang bertandan lima dengan lima jantung,” ungkap Rai Karodana, Selasa (31/1).

Dikatakan, pohon biu lumut ini tumbuh subur karena tanah sering diberi pupuk kotoran kambing piaraan pegawai notaris ini. Dikatakan, pohon pisang tumbuh di atas Beji Merajan Cau sungsungan keluarga dari trah Pande. Ia pun sempat memposting foto pohon pisang bertandan lima dengan lima jantung ini di media sosial. Ada yang komentari postingan foto buah pisang itu bagus untuk pengantin karena dipercaya menambah kesuburan.

Terkait pohon pisang aneh yang masih ada di kawasan pekrangan rumahnya itu, Rai Karodana dan anggota keluarganya tidak pernah punya firasat aneh. Rai Karodana menambahkan, dari lima jantung pisang itu, satu jantung telah diambil untuk sayur. Sisanya masih ia pertahankan hingga buah pisang nasak di punya (matang di pohon). “Saya tunggu sampai buahnya masak. Mudah-mudahan buahnya bagus,” harap Rai Karodana. * d

Komentar