nusabali

Seleksi Direksi PDAM Dimulai

  • www.nusabali.com-seleksi-direksi-pdam-dimulai

Pada hari pertama pendaftaran, Selasa kemarin, ada dua orang yang menyerahkan berkas lamaran untuk menjadi calon direksi PDAM Tirta Mangutama.

MANGUPURA, NusaBali
Pemkab Badung membuka seleksi calon direksi PDAM Tirta Mangutama, Selasa (7/2). Pendaftaran akan berlangsung selama tiga hari ke depan atau hingga Kamis (9/2) besok. Seleksi calon direksi ini menyusul masa tugas direksi perusahaan plat merah periode 2013–2017 segera berakhir pada 1 Maret 2017.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta telah membentuk Panitia Seleksi (Pansel) Direksi PDAM Tirta Mangutama, yang dikomandani Asisten II Dewa Made Apramana. Selain itu pansel juga diisi oleh orang-orang dari lingkungan Pemkab Badung dan kalangan profesional.Pada seleksi kali ini tidak ada campur tangan DPRD Badung. Pemerintah berdalih kewenangan pengangkatan direksi ada sepenuhnya di tangan bupati.

Ketua Tim Ahli Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Direksi PDAM Tirta Mangutama Dewa Made Apramana, menjelaskan, dalam proses seleksi Direksi PDAM Tirta Mangutama, sesuai petunjuk bupati merujuk Permendagri No 2 Tahun 2007 tentang Organ dan Kepegawaian PDAM. “Bapak bupati merujuk Permendagri 2 Tahun 2007, dimana dalam penentuan direksi menjadi kewenangan penuh bupati,” ujarnya. Terkait kenapa seleksi tidak melibatkan DPRD Badung, Dewa Apramana juga berdalih semua itu adalah kewenangan bupati.

Diungkapkannya, persyaratan umum untuk calon direksi adalah maksimal usia 50 tahun untuk calon dari luar PDAM. Sedangkan bila calonnya adalah dari dalam lingkungan perusahaan maka maksimal 55 tahun. Calon dari luar PDAM minimal S1 dan memiliki sertifikat dari Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia (Perpamsi).

Untuk penerimaan berkas pendaftaran, sesuai pengumumuan Nomor  01/II/TimSel/.Cadir/PDAM/2007 yang diumumkan di media massa beberapa waktu lalu, penerimaan dan pendaftaran dibuka Selasa (7/2) hingga Kamis (9/2). Dan untuk ketentuan tata cara dan persyaratan calon direksi dapat dilihat di pada Bagian Perekonomian Pemkab Badung di Puspem Badung di Kelurahan Sempidi, Kecamatan Mengwi. Akan ada tiga direksi yang akan dipilih, yaitu, Direktur Utama, Direktur Umum, Direktur Teknik.

“Kami perkirakan 1 Maret mendatang sudah diputuskan siapa direksi PDAM yang baru,” kata Dewa Apramana.

Saat ini sejumlah nama diperkirakan akan mendaftar, seperti mantan Dirut PD Pasar Kabupaten Badung I Ketut Golak, Ketua Badan Pengawas I Wayan Suyasa, serta kemungkinan sejumlah pegawai PDAM sendiri.

Ketut Golak dikonfirmasi terpisah menegaskan siap maju untuk ikut seleksi calon direksi PDAM Tirta Mangutama. “Saya siap maju,” ucapnya. Golak sudah mengajukan berkas pendaftaran kepada pansel, kemarin. Selain Golak, ada satu nama lagi yang ikut mendaftar yakni Ir Tapa Sila Laras. Ia disebut-sebut adalah salah satu pegawai di lingkungan PDAM Tirta Mangutama Badung. * asa

Komentar