nusabali

700 Personel DLHK Bersihkan 75 Ton Sampah Plastik di Pantai

  • www.nusabali.com-700-personel-dlhk-bersihkan-75-ton-sampah-plastik-di-pantai

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Badung mengerahkan 700 personel melakukan pembersihan sampah plastik di kawasan Pantai Kedonganan, Kelan, Kecamatan Kuta sampai kawasan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Rabu (15/2).

MANGUPURA, NusaBali
Pengerahan kekuatan penuh ini bukan tanpa sebab. Sebab sampah kiriman yang didominasi plastik semakin parah sepekan terakhir.

“Kami mengerahkan 700 personel untuk melakukan pembersihan Pantai Kedonganan dan Kelan dari sampah plastik. Sampai pantai di Jimbaran pun kami bersihkan,” kata Kepala DLHK Badung I Putu Eka Merthawan.

Ratusan personel yang diterjunkan khusus menangani darurat sampah ini berasal dari empat UPT DLHK Badung, yakni UPT Abiansemal, Mengwi, Kuta Utara, dan Kuta. “Sepanjang Pantai Kelan, Kedonganan hingga Jimbaran kami sudah mengangkut 75 ton sampah. Jumlah sampah ini sangat luar biasa,” imbuhnya.

Upaya pembersihan sampah plastik yang terdampar di kawasan pesisir ini akan terus diatensi hingga betul-betul sampah dapat tertangani seluruhnya. Bila saat ini seluruh sampah belum tertangani, hari ini DLHK kembali akan mengerahkan 300 personel lagi untuk pembersihan lanjutan. Menurut Merthawan, pada pembersihan kemarin dikerahkan 10 unit truk yang mengangkut sampah plastik ke TPA.

Merthawan mengakui tantangan lain selain sampah plastik kiriman, kini juga mulai muncul sampah rerumputan laut. Pihaknya menduga munculnya sampah rerumputan laut merupakan tanda bahwa arus dasar laut kuat.

“Kami akan pastikan ini ke tengah laut. Kami akan bekerja sama dengan nelayan Kedonganan, sehingga sampah laut tak banyak menepi ke pinggir. Ini salah satu upaya kami untuk menangani sampah kiriman,” tandasnya. * asa

Komentar