nusabali

Empat Hari Sopir Truk Tertahan di Jembatan Timbang

  • www.nusabali.com-empat-hari-sopir-truk-tertahan-di-jembatan-timbang

Ratusan truk pengangkut sembilan kebutuhan pokok (sembako) tertahan di beberapa titik di Kabupaten Jembrana akibat jembatan Tukadaya di jalur Denpasar - Gilimanuk putus. 

NEGARA, NusaBali 
Ratusan truk tujuan Denpasar hingga Lombok berjejer di areal Jembatang Timbang. “Kami sudah empat hari tertahan di sini. Untuk melanjutkan perjalanan lewat jalur Kabupaten Buleleng masih berpikir, karena biayanya juga membengkak,” kata salah seorang sopir, Pono, Rabu (27/1).

Pono mengaku, untuk mengangkut barang dari Jawa ke Bali, ia diberikan uang Rp 1.500.000 untuk makan dan membeli bahan bakar pulang pergi. Karena tidak bisa melanjutkan perjalanan, ia mengatakan, uang dari perusahaan habis untuk biaya makan, bahkan beberapa rekannya terpaksa menggunakan uang pribadi. “Pengeluaran setiap hari rata-rata Rp 100 ribu. Saya sudah tiga hari tertahan di sini,” kata Ari, sopir yang terpaksa juga memarkir truknya yang mengangkut jagung di jembatan timbang dilansir Antara.

Karena biaya membengkak, untuk melanjutkan perjalanan ia menggunakan uang pribadi untuk membeli bahan bakar dengan perjanjian perusahaan akan menggantinya. Selain dua sopir ini yang masih memilih bertahan, beberapa sopir lainnya berinisiatif membongkar muatannya dan menaikannya ke truk yang lebih kecil, agar bisa melanjutkan perjalanan lewat Kabupaten Buleleng.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jembatan Timbang I Wayan Aryana mengatakan truk yang parkir saat ini sudah melebihi daya tampung yang hanya 100 unit. Dari pendataan yang dilakukan, sedikitnya ada 272 ton beras, 11 ton tepung, 82 ton gula, 12 ton minyak goring, dan 79 ton bawang tertahan di jembatan timbang dan dikhawatirkan akan memicu lonjakan harga di Denpasar dan Lombok.

Jembatan yang menghubungkan jalan raya Denpasar-Gilimanuk, putus Sabtu (23/1) malam menyebabkan rute bus dan truk besar dialihkan lewat Kabupaten Buleleng, dengan jarak tempuh yang lebih jauh dibandingkan lewat Kabupaten Jembrana. Sementara kendaraan kecil seperti mobil pribadi dan mobil bak terbuka dialihkan melalui jalan pedesaan. 7

Komentar