nusabali

IPSI Bali Belum Pastikan Ikut Kejurnas

  • www.nusabali.com-ipsi-bali-belum-pastikan-ikut-kejurnas

Diakui sebagai even penting menyongsong PON Remaja,  namun IPSI Bali belum bisa memastikan apakah akan berpartisipasi dalam Kejurnas Pencak Silat di Padepokan Pencak Silat TMII Jakarta pada  31 Juli - 4 Agustus 2016.

DENPASAR, NusaBali
"Kalau saya melihat kejurnas kategori remaja itu bagus sekali. Tetapi, surat undangan baru kami terima. Sehingga akan dibicarakan lebih dulu, ambil bagian atau tidak pada kejurnas itu," ungkap Sekretaris Umum (Sekum) Pengprov IPSI Bali, Nyoman Yamadhiputra di KONI Bali Kamis (26/5).

Dalan kejurnas yang diikuti pesilat di seluruh Indonesia yang bukan merupakan pesilat PON itu, mempertandingkan dua kategori yakni untuk Dewasa dan Remaja. Untuk dewasa dipertandingkan untuk kelas tanding putra 8 kelas mulai A-H, sedangkan untuk putri 4 kelas mulai kelas A-D. Dan untuk nomor seni atau Tunggal, Ganda Regu (TGR) masing-masing provinsi hanya diperbolehkan masing-masing satu nomor saja untuk putra dan putri.

Sementara untuk kategori remaja, kata Yamadhiputra, untuk tanding putra mempertandingkan 9 kelas mulai kelas A-I dan tanding putri mempertandingkan 8 kelas dari A-H. Begitu juga untuk TGR sama dengan yang dipertandingkan di kategori dewasa. "Untuk pesertanya seluruh Pengprov IPSI. Karena ini sasaran pembentukan tim Indonesia menuju Asian Beach Game di Danang, Vietnam Oktober 2016. Sehingga disesuaikan dengan nomor kelas yang dipertandingkan pada Asian Beach Games. Menggunakan sistem kuota," tegas Yamadhiputra.

Kejurnas Dewasa peserta berumur minimum 17 tahun kelahiran 1999, dan maksimal 35 tahun kelahiran 1981. Sementara Kejurnas Remaja batasan umur 14-16 tahun. "Kami melihat kejurnas remaja itu tepat untuk pembinaan menatap PON Remaja. Karena satu tahun berikutnya sudah PON Remaja," beber Yamadhiputra.

Sehingga pesilat yang ambil bagian memang tidak boleh diikuti pesilat PON karena kejurnas ini merupakan ajang pemantauan pesilat, untuk even internasional ke depannya. "Bali memang siap dan tidak kekurangan pesilat, tetapi semua itu harus disampaikan dengan jajaran pengurus lainnya dulu. Sehingga langkah dan semangat sama nanti," kata pria asal Tabanan ini.7dek

Komentar