nusabali

Pelabuhan Gunaksa Terisolir

  • www.nusabali.com-pelabuhan-gunaksa-terisolir

Pelabuhan Antar Provinsi di eks Galian C Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Klungkung, kini  makin terisolir.

SEMARAPURA, NusaBali
Karena pelabuhan ini sulit dijangkau  karena dua akses jalan menuju lokasi itu terputus oleh alur Tukad Unda, Klungkung.

Belakangan ini sama sekali tidak ada aktivitas di pelabuhan. Informasi di lapangan, mulanya jalur eksisting (darurat) yang putus sejak Rabu (29/6) lalu. Penyebabnya, air Tukad Unda meluap karena hujan deras saat itu. Kendati demikian, masih ada satu akses jalan di sisi timur, lewat Jalur Karang Dadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan. Namun, sebelum libur panjang atau sekitar seminggu lalu akses jalan di Karang Dadi lumpuh. Sebab aliran Tukad Unda meluber ke jalur Karang Dadi.

Kondisi itu diakui Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Klungkung I Nengah Sukasta. Ia mengaku, meskipun kondisinya demikian, apa yang menjadi kewenangan Pemkab Klungkung sudah kelar. Kewenangan itu yakni membangun ruang pelayanan dan penyediaan istrik. “Kini sama sekali tidak ada aktivitas di Pelabuhan,” ujarnya, saat ditemui, Selasa (12/6). Pihaknya sudah menyampaikan masalah itu ke pihak provinsi dan pusat.

Sukasta menyampaikan, pasca ujicoba pendaratan Kapal Nusa Jaya Abdi di Pelabuhan Gunaksa beberapa waktu lalu, pihaknya bersama Dishub Bali dan Balai Lalu Lintas Angkutan Jalan Sungai dan Penyebrangan (LLAJSDP), menggelar rapat evaluasi. Diantaranya membahas kapal belum bisa menyandar sempurna di pelabuhan, termasuk membahas keluhan dari Kapten Kapal Abdul Manan. Karena posisi pintu masuk dinilai sangat tidak melindungi saat kapal sandar. Hasil uji coba tersebut sudah dilaporkan ke pusat. “Kita hanya menunggu kebijakan serta petunjuk dari pusat,” ujarnya. 7 w

Komentar