nusabali

Festival Nusa Penida 2015 Sedot 5.000 Wisatawan

  • www.nusabali.com-festival-nusa-penida-2015-sedot-5000-wisatawan

Sekitar 5000 orang wisatawan domestik maupun manca Negara datang menyaksikan festival Nusa Penida 2015 di kawasan wisata Lembongan, Nusa Penida.

SEMARAPURA, NusaBali
Even Nusa Penida Festival 2015, Jumat (2/10) sampai Minggu (4/10) mampu mengundang kedatangan wisatawan dalam jumlah lumayan. Setidaknya, 5000 orang wisatawan domestik maupun manca Negara datang menyaksikan festival di kawasan wisata Lembongan, Nusa Penida. 

Ke depan, even ini memberi dampak peningkatan jumlah kunjungan wisatawan terus menerus ke Nusa Penida dan Klungkung pada umumnya. Harapannya, dalam lima tahun ke depan, satu juta wisatawan datang ke Klungkung.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyatakan even Nusa Penida Festival, memberi  multiflier effect  perkembangan dunia kepariwisataan di Klungkung. “Ke depan ini diharapkan bisa memberi jawaban berupa peningkatan kunjungan wisatawan,” ujar Bupati Suwirta, saat menutup resmi pelaksanaan festival di Pantai Batu Belek, Lembongan, Nusa Penida. 

Secara khusus ia menyatakan kunjungan wisatawan ke Nusa Penida, sesungguhnya besar. Namun kontribusinya terhadap PAD Klungkung, masih kecil. Salah satu sebabnya, karena banyak wisatawan yang tidak terdata dan terdeteksi akibat banyak pintu masuk ke Nusa Penida.  “Ini menyulitkan pendataan, sehingga terjadi kebocoran,” paparnya. Karena itulah, ke depan nanti, Bupati Suwirta  menyatakan akan bekerja sama dengan kabupaten/kota di Bali untuk pendataan kunjungan wisatawan ke Nusa Penida.  "Mulai sekarang kita lakukan proses dan koordinasi antar Kabupaten dan pelaku pariwisata," ujar Suwirta.

Kunjungan wisatawan ke Klungkung sejak Juli - September bisa mencapai 3.000 orang. Kepada kalangan pelaku pariwisata Bupati Suwirta minta agar menciptakan persaingan sehat. Terus bersama masyarakat menjaga kebersihan lingkungan sehingga akan membuat wisatawan nyaman.  "Ciptakan persaingan sehat dan masalah sampah perlu ditangani bersama," ujar Suwirta.
 
Wakil Ketua Panitia Nusa Penida Festival 2015, Nyoman Widana menyampaikan tiga hari pelaksanaan Nusa Penida Festival berhasil menyedot, 5.000 wisatawan. Kegiatan ini, melibatkan 3.000 seniman, 28 peserta UKM dan perajin serta partisipasi pelaku pariwisata lainnya. Upacara Penutupan Nusa Penida Festival 2015 dihadiri Putri Indonesia 2015 Anindya Kusuma Putri dan Putri Pariwisata Indonesia 2015 Gresya Amanda Maaliwunga."Mudah-mudahan apa yang kita harapkan bersama dari kegiatan ini dapat tercapai," ujar Anindya Kusuma Putri, diiyakan Gresya Amanda Maaliwunga. 
Keduanya memuji potensi wisata dan kekayaan bahari dan lingkungan Nusa Penida. Mereka mengaku terkesan, berpesan agar kekayaan alam bahari dan lingkungan Nusa Penida dan sekitar dijaga kelestarian dan dijaga kebersihannya. “ Kami sangat terkesan,” ujar Anindya Kusuma.

Penutupan festival diisi dengan pagelaran fragmentari  ‘Purwaka Bumi’, serta pesta kembang api yang membuat penonton tak beranjak hingga kegiatan berakhir.

Komentar