nusabali

NDF 2015 Tonjolkan Selebrasi Musik

  • www.nusabali.com-ndf-2015-tonjolkan-selebrasi-musik

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) kembali menyelenggarakan Nusa Dua Fiesta (NDF) ke-18 kalinya pada 9–13 Oktober 2015.

MANGUPURA, NusaBali
Event tahunan kini lebih menonjolkan selebrasi musik dengan menampilkan musisi-musisi ternama baik dari level nasional maupun internasional, termasuk juga musisi lokal. Bahkan, musisi top asal Bali yaitu Balawan juga dijadwalkan tampil dalam ajang bergengsi ini.

“Penyelenggaraan Nusa Dua Fiesta sebagai upaya mempromosikan kawasan pariwisata sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, khususnya wisatawan manca negara,” ujar Ketua Panitia Nusa Dua Fiesta Ida Bagus Abdhi di Nusa Dua, saat memberikan keterangan pers di BNDCC, Nusa Dua, Kuta Selatan, Senin (5/10).

Abdhi menambahkan, pameran kesenian dan kerajinan juga melibatkan provinsi-provinsi di Indonesia. Misalnya, dari Provinsi Kalimantan dan Aceh akan menampilkan tarian khas daerah masing masing. “Sejumlah provinsi telah menyatakan berminat untuk terlibat dalam Nusa Dua Fiesta. Dan kami sangat menyambut baik,” katanya.

Dikatakan, kegiatan Nusa Dua Fiesta kali ini antara lain beach clean up di pantai kawasan Nusa Dua. Rangkaian acara terbagi ke dalam 5 kategori yaitu music celebrations, competition, cultural show, exhibition, dan sport. Pihaknya berharap, kegiatan Nusa Dua Fiesta 2015 dapat menarik lebih banyak lagi para wisatawa baik domestik maupun manca negara. “Untuk tahun lalu jumlah pengunjung lokal sebanyak 46.077 orang. Sedangkan pengunjung asing sebanyak 4.741 orang. Kami target pengunjung lebih banyak dari tahun lalu,” imbuh Abdhi.

Untuk acara music celebration, Nusa Dua Fiesta 2015 akan menampilkan beberapa artis ternama yang akan membawakan lagu-lagu bergenre classic rock, world music, reggae, dan blues. Untuk genre blues akan dimeriahkan dengan Sun Down Blues on Stage Battle. Juga akan hadir musisi top asal Bali yaitu Balawan yang memiliki reputasi baik di nasional maupun internasional. Juga akan tampil DJ Kesha asal Inggris yang masuk dalam top 100 DJ di dunia. 

Masih menurut Abdhi, kegiatan competition akan dimeriahkan dengan body painting competition, wedding make up competition, kids painting competition, mixology competition, Nusa Dua latte art, drone photography competition. “Dan untuk kegiatan exhibition akan dimeriahkan oleh pameran motor antik serta pameran bonsai,” jelasnya.
Untuk menggalakkan sport tourism sebagai salah satu daya tarik wisatawan, Nusa Dua Fiesta berkolaborasi dengan Starwood Hotels akan menyelenggarakan event charity run. Acara yang diadakan Starwood (yang merupakan salah satu chain hotel terbaik di dunia) digelar pada 11 Oktober dengan mengusung nama ‘Run to Give 2015’. “Hasil penjualan tiket nantinya akan didonasikan untuk pembangunan bedah rumah di beberapa daerah di Bali,” imbuh Abdhi.

Ketua Indonesian Chef Association (ICA) Bali Komang Adi Arsana, menambahkan, ICA Bali akan menyelenggarakan event yang diisi oleh kompetisi memasak dengan mengusung konsep cita rasa khas Bali. Akan diselenggarakan juga beberapa kompetisi kuliner seperti fruit carving, live cooking competition. Selain itu, hotel-hotel maupun fasilitas pendukung event Nusa Dua Fiesta akan menjual food and beverage masing-masing.

Komentar