nusabali

Gianyar - India Jajaki Kerjasama Iptek dan Seni Budaya

  • www.nusabali.com-gianyar-india-jajaki-kerjasama-iptek-dan-seni-budaya

Masyarakat Bali dan India dikenal memiliki kemiripan budaya, terutama karena penduduknya sama-sama mayoritas beragama Hindu.

GIANYAR, NusaBali
Kesamaan ini menjadikan antara nak (warga) Bali dan India punya ikatan emosional yang tinggi. Atas kesamaan itu, Pemkab Gianyar dan pemerintahan India akan meningkatkan pelbagai kerjasama budaya, terutama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dan seni budaya.

Hal itu terungkap dalam acara Kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) India di Bali, RO Sunil Babu ke Pemkab Gianyar, Jumat (21/10). RO Sunil Babu beserta rombongan diterima langsung Bupati Gianyar AA Gde Agung Bharata di Kantor Bupati Gianyar. Konjen Sunil Babu menjelaskan, kini pemerintah India memiliki program beasiswa penuh yang menawarkan sekitar 600 mata kuliah di pelbagai jurusan dengan masa kuliah waktu 2-3 bulan. ‘’Hanya saja, hingga saat ini penerimabeasiswa dari Bali hanya seorang. Penerimana beasiswa lain kebanyakan dari daerah lain di Indonesia,’’ jelasnya.

Sunil Babu menjelaskan, terkait dengan kerja sama budaya Bali – India, Februari 2017, Konjen India di Bali akan menggelar pameran pendidikan di Bali. Tujuannya, menyosialisasikan sistem pendidikan dari 15 universitas di India. Suni Babu menginformasikan, pihaknya kerap kali menggelar pertunjukan seni dan budaya kolaborasi Bali – India. ‘’Kami sangat berharap seniman India bisa berkolaborasi dengan seniman Gianyar,’’ harapnya.

Bupati Agung Bharata mengakui, ketertarikannya atas keberhasilan India di bidang pendidikan, budaya, dan teknologi terutama tentang teknologi operasi katarak dengan mikronisasi. Bupati menyambut baik program beasiswa yang ditawarkan Pemerintah India. Pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait mengenai pelaksanaan seleksi peserta beasiswa terutama sosialisasi beasiswa itu. Dengan itu, pihaknya mengharapkan banyak masyarakat Gianyar mengetahui dan memanfaatkan kesempatan belajar dengan beasiswa tersebut. ‘’Karena banyak pelajar dari Gianyar memiliki kompetensi di bidang pendidikan, bahkan mampu bersaing dengan pelajar dari daerah lain,’’ jelasnya.

Tentang kerjasama di bidang seni dan budaya, Bupati Agung Bharata berharap kedepan dapat menfasilitasi kolaborasi antara seniman dari Kabupaten Gianyar dan India. Kerjasama seni seperti ini pernah dilakukan beberapa waktu lalu  di Gianyar. Bentuknya, pementasan Sendratari Ramayana oleh seniman India di Balai Budaya, Gianyar. lsa

Komentar