nusabali

Komunitas Kertas Budaya Gelar Lomba Baca Puisi di Halaman Belakang Rumah

  • www.nusabali.com-komunitas-kertas-budaya-gelar-lomba-baca-puisi-di-halaman-belakang-rumah

Puluhan pelajar dari sejumlah SD dan SMP di Kabupaten Jembrana meramaikan lomba baca puisi yang digelar Komunitas Kertas Budaya (KKB) Jembrana, Jumat (4/11).

NEGARA, NusaBali
Lomba baca puisi ini akan berakhir, Sabtu (5/11) hari ini. Lomba digelar secara sederhana di halaman belakang rumah KKB Jembrana, Jalan Udayana, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara.

Ketua Panitia Lomba, Nanoq da Kansas mengatakan, lomba baca puisi merupakan rangkaian memperingati Bulan Bahasa pada Oktober sekaligus jelang peringatan Hari Pahlawan. Lomba puisi ini diharapkan dapat membangkitkan kembali minat baca puisi di kalangan pelajar. Sementara terkait lomba yang digelar di halaman belakang rumah mengandung filosofi mengembalikan fungsi halaman rumah sebagai tempat belajar, bersosialisasi, dan bermain bagi anak-anak.

Peserta lomba diwajibkan membaca dua puisi, puisi wajib dan puisi pilihan. Puisi wajib yakni ‘Prajurit Jaga Malam’ karya Chairil Anwar. Sedangkan puisi pilihan di antaranya ‘Pendidikan Masa Depanku’ karya Jennifer Gracia dan ‘Kasih Sayang Orangtua’ karya D Maria. Ada tiga hal utama menjadi penilaian juri yakni wiraga (gerak tubuh), wirasa (penghayatan), dan wirama (intonasi). Juara I akan diberikan hadiah berupa uang tunai Rp 500 ribu serta piala, juara II Rp 400 ribu, dan juara III Rp 300 ribu.

Pihak panitia mengaku sempat kewalahan karena jumlah peserta lomba membeludak. “Target awal 20-an peserta. Ternyata peserta SD yang mendaftar sebanyak 37 peserta dan SMP 47 peserta. Ini cukup mengagetkan,” ujar Nanoq. Lomba baca puisi ini dibuka Wakil Bupati Jembrana, I Made Kembang Hartawan. Wabup Kembang berharap lomba puisi ini dapat digelar rutin setiap tahunnya. Lomba ini diharapkan dapat menggugah minat membaca. Dikatakan, lomba membaca puisi seperti ini bisa melahirkan orang-orang hebat. Seperti dicontohkan adalah Bung Karno yang piawai dalam berpidato dan memang sering mengikuti lomba baca puisi sekaligus menjadi juara.  ode

Komentar