nusabali

Perbekel Se-Tabanan Dukung Adi Wiryatama

  • www.nusabali.com-perbekel-se-tabanan-dukung-adi-wiryatama

Politisi senior PDIP yang kini Ketua DPRD Bali 2014-2019, Nyoman Adi Wiryatama, mendapat dukungan dari kepala desa (Perbekel) se-Kabupaten Tabanan untuk maju sebagai Calon Gubernur (Cagub) Bali di Pilgub 2018.

Diusulkan Tandem dengan Demer ke Pilgub


TABANAN, NusaBali
Alasannya, Adi Wiryatama dipandang layak dari sisi pengalaman dan kemampuan. Dukungan untuk Adi Wiryatama sebagai kandidat Cagub Bali ke Pilgub 2018 ini secara resmi digulirkan Forum Perbekel se-Kabupaten Tabanan dalam pertemuan di salah satu warung makan kawasan Desa Wanasari, Kecamatan Tabanan, Jumat (11/11). Para Perbekel se-Tabanan ini kebetulan kumpul di warung makan tersebut, karena mengikuti reses bersama Ketua DPRD Bali, Adi Wiryatama. Pertemuan tersebut dihadiri langsung Ketua Forum Perbekel se-Tabanan, I Made Arya, dan Adi Wiryatama sendiri.

Awalnya, Made Arya yang notabene keponakan Adi Wiryatama dan saat ini menjabat Perbekel Anseri, Kecamatan Baturiti, Tabanan melemparkan ide untuk mendukung tokoh-tokoh masyarakat Gumi Lumbung Beras untuk maju sebagai Cagub Bali ke Pilgub 2018. Made Arya saat itu tidak menyebut nama tokoh yang dimaksudkannya.

Nah, ide yang dilempar Made Arya kemudian langsung disambar Perbekel Tajen, Ke-canmatan Baturiti, I Gusti Putu Sumertayasa. “Saya usulkan dan dukung Bapak Adi Wiryatama sebagai Cagub Bali,” sambut Sumertayasa.

Alasannya, Adi Wiryatama sangat layak maju berebut kursi Gubernur Bali 2018-2023. Salah satunya, Adi Wiryatama yang kini menjabat Sekretaris Dewan Pertimbangan Dareah (Deperda) PDIP Bali, punya kemampuan dan pengalaman dalam memimpin. Maklum, Adi Wiryatama sempat dua kali periode menjabat Bupati Tabanan (2000-2005, 2005-2010), sebelum kemudian digantikan putrinya, Ni Putu Eka Wiryastuti (Bupati Tabanan 2010-2015 dan 2016-2021).

Selain itu, Adi Wiryatama juga lolos ke DPRD Bali 2014-2019 dengan predikat sebagai caleg peraih suara terbanyak se-Bali dalam Pileg 2014 lalu. Adi Wiryatama yang kantongi lebih dari 50.000 suara pun langsung dipercaya menduduki kursi Ketua DPRD Bali.

Maka, usulan yang diajukan Sumertayasa kemarin langsung diamini para Perbekel dari desa-desa lainnya. Bahkan, Perbekel Marga Dajan Puri, Kecamatan Marga, I Made Rasma, sudah langsung mengusulkan tandem Adi Wiryatama di poisisi Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Bali. Rasma usulkan Adi Wiryatama bertandem dengan I Gede Sumarjaya Linggih alias Demer, poliisi Golkar asal Desa Tajun, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng yang anggota DPR RI Dapil Bali tiga periode.

“Sangat cocok jika Pak Adi Wiryatama tandem dengan Gede Sumarjaya Linggih,” ung-kap Rasma yang juga mantan Ketua DPD II Golkar Tabanan kubu Agung Laksono.

Sementara itu, Adi Wiryatama menyatakan berterima kasih atas dukungan tulus dari para Perbekel se-Kabupaten Tabanan untuk maju sebagai Cagub Bali ke Pilgub 2018. Namun, Adi Wiryatama menegaskan tidak akan maju mencalonkan diri sebagai Cagub Bali. “Tapi, kalau memang ada dukungan, saya siap maju,” tandas politisi senior PDIP asal Desa Angseri, Kecamatan Baturiti ini.

Menurut Adi Wiryatama, PDIP punya mekanisme dalam pengajuan calon. Selaku kader, Adi Wiryatama tunduk terhadap mekanisme partai. “Saya juga siap tempur jika memang dicalonkan induk partai,” katanya diplomatis.

Sedangkan Sekretaris DPC PDIP Tabanan, I Nyoman ’Komet’ Arnawa, yang ikut hadir dalam reses Adi Wiryatama kemarin, juga menyatakan partainya punya mekanisme dalam pencalonan ke Pilkada. Namun, politisi muda asal Desa Mengesta, Kecamatan Penebel yang kini menjabat Ketua Fraksi PDIP DPRD Tabanan ini sepakat dan menghormati aspirasi para Perbekel se-Tabanan. Sesuai mekanisme, Komet Arnawa siap mengawal aspirasi itu ke DPC PDIP Tabanan untuk kemudian diteruskan ke DPD PDIP Bali hingga DPP PDIP.

Bukan sekali ini muncul dukungan untuk Adi Wiryatama sebagai Cagub Bali ke Pilgub 2018. Sebelumnya, dukungan buat Adi Wiryatama juga mengalir dari kalangan anggota DPRD Tabanan, seperti I Gusti Nyoman Omardani dan I Wayan ’Regen’ Widnyana.

Baik IGN Omardani (yang kini Ketua PAC PDIP Pupuan) maupun Regen Widnyana (kini Ketua PAC PDIP Tabanan) menyatakan Adi Wiryatama layak maju sebagai Cagub Bali. Alasannya, punya pengalaman memimpin dan meraih suara tertinggi se-Bali untuk tembus DPRD Bali. Tokoh asal Tabanan lainnya yang juga digulirkan maju sebagai kandidat Cagub Bali ke Pilgub 2018 adalah I Made Urip (politisi senior PDIP asal Marga yang anggota DPR RI Dapil Bali empat periode) dan Ni Putu Eka Wiryastuti (Srikandi PDIP asal Desa Angseri yang Bupati tabanan dua periode).

PDIP sendiri sepertinya hampir pasti akan mengusung Wayan Koster sebagai Calon Gubernur Bali ke Pilgub 2018. Pasalnya, Wayan Koster yang kini Ketua DPD PDIP Bali dan anggota Komisi X DPR RI Dapil Bali tiga kali periode sudah bulat didukung oleh 8 dari 9 DPC PDIP Kabupaten/Kota se-Bali, kecuali Denpasar. Jargon Koster Bali Satu (KBS) pun sudah menggema ke mana-mana.  k21

Komentar