nusabali

Perbekel Berlomba Busana ke Pura

  • www.nusabali.com-perbekel-berlomba-busana-ke-pura

Perbekel dan lurah se-Kabupaten Gianyar unjuk kebolehan memperagakan busana ke pura berpasangan dalam Lomba Busana ke Pura

GIANYAR, NusaBali
Lomba ini serangkaian peringatan Hari Ibu ke-88 Kabupaten Gianyar, di Balai Budaya Gianyar, Senin (28/11). Lomba ini disambut tepuk tangan riuh dan gelak tawa penonton. Namun, para ‘model’ dadakan ini tetap tampil percaya diri. Ketua PKK Kabupaten Gianyar Nyonya Surya Adnyani Mahayastra yang Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar ini menambahkan lomba ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang etika berbusana ke pura secara baik dan benar. Para perbekel dan lurah adalah ujung tombak masyarakat. Mereka nantinya dapat memberikan contoh bagaimana sebenarnya busana ke pura yang benar sesuai dengan etika dan agama Hindu.

Nyonya Adnyani Mahayastra juga bertindak sebagai Dewan Juri bersama anggota juri lainnya, Dra AA Ayu Ketut Agung MM dan Dewa Putu Metayana, SE. Ia menambahkan, Make up atau tata rias terbaik yang dinilai bukan pesertanya, namun salon desa yang merias peserta. Seperti diketahui seluruh peserta lomba wajib dirias oleh salon desa di wilayah masing-masing. “Ini sekaligus sebagai tantangan dan uji coba bagi pengelola salon desa,” tegas Nyonya Adnyani Mahayastra. Kriteria lomba lebih ditekankan pada keserasian, penampilan dan kerapian.

Bupati Gianyar AA Gde Agung Bharata saat membuka lomba mengaku, sangat bangga dengan kebersamaan yang ditunjukkan para pasangan perbekel/lurah se-Kabupaten Gianyar. Menurutnya, kesuksesan seorang perbekel di masyarakat tidak bisa dilepaskan dari peran istri. Apalagi istri perbekel/lurah merupakan Ketua TP PKK di desa/kelurahan.

Sebagai wujud apresiasi, Bupati Agung Barata secara spontan memberikan tambahan hadiah bagi peserta lomba dua kali lipat dari semula. Juara I berhak mendapat hadiah Rp 15 juta, Jura II Rp10 juta dan Juara III Rp 5 juta. Juara I diraih Lurah Bitera, Juara II Lurah Beng, Juara III Perbekel Desa Melinggih, Kecamatan Payangan. Juara Favorit Perbekel Desa Bona, Kecamatan Blahbatuh, Juara Busana Terbaik diraih Lurah Gianyar, Juara Pasangan Terbaik diraih Perbekel Desa Sukawati, Juara Best Catwalk diraih Lurah Ubud dan untuk Make Up Terbaik diraih Salon Desa Bresela, Kecamatan Payangan.

Hadir dalam lomba ini, Wakil Bupati Gianyar Made Mahayastra, Ketua DPRD Gianyar Wayan Tagel Winarta, anggota DPRD Gianyar, dan Kepala SKPD di Pemkab Gianyar. lsa

Komentar