nusabali

Bupati: Dirikan TK Negeri Tiap Kecamatan

  • www.nusabali.com-bupati-dirikan-tk-negeri-tiap-kecamatan

Dari delapan kecamatan di Kabupaten Karangasem, baru empat kecamatan yang telah memiliki TK negeri, yakni Karangasem, Rendang, Abang, dan Bebandem.

AMLAPURA, NusaBali

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri menginstruksikan agar membangun TK negeri di tiap kecamatan di delapan kecamatan. Tujuannya untuk memberikan pendidikan tingkat paling dasar kepada peserta didik sebelum masuk jenjang SD. Sedapat mungkin TK swasta yang telah ada dinegerikan.

Apalagi, belakangan pendidikan anak usia dini (PAUD) terus berkembang dan diminati masyarakat. “TK yang ada selama ini merupakan bagian dari lembaga PAUD, merupakan tempat memberikan pendidikan karakter kepada anak-anak, makanya sedapat mungkin tiap kecamatan ada satu TK negeri,” kata Bupati Mas Sumatri di Amlapura, Selasa (29/11).

Kadisdikpora Karangasem I Gede Ariyasa mengatakan, mulanya ada dua TK negeri, yakni TK Negeri Pembina Karangasem dan TK Negeri Pembina Kecamatan Rendang. Selama setahun terakhir telah didirikan dua TK negeri lagi, yakni TK Negeri Kecamatan Abang dan TK Negeri Kecamatan Bebandem. “Jadi tinggal membangun empat TK negeri, agar tiap kecamatan memiliki TK negeri,” jelas Ariyasa.

Empat kecamatan yang belum memiliki TK negeri adalah Kecamatan Selat, Kecamatan Sidemen, Kecamatan Manggis, dan Kecamatan Kubu. Ariyasa tengah menjajaki di empat kecamatan tersebut, agar dalam waktu setahun ke depan berdiri TK negeri.

Sedangkan TK negeri dan swasta yang ada di Karangasem sebanyak 118 TK, masing-masing di Kecamatan Rendang 9 TK, Kecamatan Sidemen 10 TK, Kecamatan Manggis 20 TK, Kecamatan Karangasem 27 TK, Kecamatan Abang 12 TK, Kecamatan Bebandem 14 TK, Kecamatan Selat 16 TK, dan Kecamatan Kubu 10 TK. * k16

Komentar