nusabali

Air Meluap di Banjar Singarata

  • www.nusabali.com-air-meluap-di-banjar-singarata

Air meluap ke badan jalan di Banjar Singarata, Desa/Kecamatan Rendang, Karangasem. Akibatnya, pengendara terhambat melintas.

AMLAPURA, NusaBali
Air got membanjiri jalan raya dari utara ke selatan. Ada dua titik air yang meluap karena saluran got tersumbat di sisi kanan dan kiri jalan. Kamis (1/12),  Jro Made Padma, warga Banjar Singarata mengatakan, air meluap terjadi setiap hujan turun. Selama ini belum ada perbaikan.

Air got yang meluap ke jalan hingga menyebabkan banjir, salah satunya terjadi di depan rumah I Wayan Nuarpa. “Saya berharap pemerintah melakukan perbaikan, agar saluran air lancar di setiap musim hujan,” harap Jro Made Padma.

Bukan itu saja, air hujan meluap ke jalan raya akibat saluran got tersumbat juga menghanyutkan sampah. Segelintir warga yang turun ke lokasi, bukannya menyingkirkan sampah justru sampah yang hanyut ke jalan, kembali dicemplungkan ke got kemudian dihanyutkan air. Hal itu menambah tersumbatnya saluran got.

Camat Rendang I Wayan Mastra mengakui setiap hujan turun, saluran got tersumbat. “Selama ini telah dibersihkan, tetapi akibat dari perilaku masyarakat membuang sampah ke got, maka saluran tersumbat lagi,” jelas Camat Rendang I Wayan Mastra.

Rencana ke depan, katanya, menyadarkan masyarakat agar tidak terbiasa membuang sampah ke got. Sebab, eksesnya, di musim hujan saluran air tersumbat, sehingga air meluap ke jalan raya. Bukan saja air meluap, juga membawa sampah sepanjang jalan dari Banjar Singarata hingga Banjar Pringalot, Desa/Kecamatan Rendang.

Air got juga meluap di Jalan Ahmad Yani Amlapura, terutama di depan Sekretariat PDI Perjuangan Karangasem. Sebab, di got tersebut, ada batu yang mengganjal tidak disingkirkan saat membangun drainase, sehingga setiap hujan turun airnya meluap. *k16

Komentar