nusabali

Eks Gubernur Dewa Beratha Back Up Surya

  • www.nusabali.com-eks-gubernur-dewa-beratha-back-up-surya

Pasangan calon jalur Independen, Dewa Nyoman Sukrawan-Gede Dharma Wijaya (Paket Surya), mendapatkan support dari berbagai elemen dalam tarung Pilkada Buleleng 2017.

SINGARAJA, NusaBali
Mantan Gubernur Bali (1998-2003, 2003-2008), Dewa Made Beratha, juga ikut memback up Paket Surya.

Bocoran yang diperoleh NusaBali di lingkaran Paket Surya, Kamis (15/12), mantan Gubernur Dewa Beratha turun gunung memberikan support untuk pasangan calon jalur Independen yang disokong Golkar-Demokrat-PKS ini. "Mantan Gubernur juga gabung berikan dukungan buat Dewa Nyoman (Sukrawan). Komunikasinya sangat intens," ujar sumber yang wanti-wanti namanya tidak dikorankan ini.

Menurut dia, dukungan mantan Gubernur Dewa Beratha buat Paket Surya memang tidak vulgar, seperti ikut jadi juru kampanye. Namun, bentuknya support moral. "Dewa Beratha memang lebih sreg dengan Paket Surya yang bisa menjadi milik seluruh elemen masyarakat. Artinya, figur Independen itu buat seluruh krama Buleleng. Pak Dewa Beratha sudah beberapa kali komunikasi dengan Dewa Sukrawan," kata sumber yang selama ini berafiliasi dengan kalangan Marhaen ini.

Dikonfirmasi NusaBali secara terpisah di Denpasar, Kamis kemarin, Dewa Sukrawan mengakui dirinya memang intens berkomunikasi dengan mantan Gubernur Dewa Beratha. Mereka bicara dari hati ke hati tentang banyak hal. “Sudah seperti bapak dan anak. Beliau (Dewa Beratha) banyak memberikan tuntunan buat saya," ujar Sukrawan.

Sukrawan menyebutkan, dirinya dijadwalkan akan bertemu mantan Gubernur Beratha, Jumat (16/12) ini. Mereka akan bertemu dalam kegiatan sembahyang bersama di Pura Besakih. “Saya rencananya tangkil ke Pura Besakih dengan beliau (Dewa Beratha). Kami nunas ica, nunas pemargi," tegas politisi asal Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan yang mantan Ketua DPRD Buleleng 2009-2014 dan Ketua DPC PDIP Buleleng 2010-2015 ini.

Sementara itu, KPU Buleleng telah menetapkan jadwal kampanye masing-masing pasa-ngan calon, mulai Sabtu (17/12) besok. Tahapan kampanye diawali dengan deklarasi kampanye bersama yang berintegritas dan aman, Jumat ini, di Taman Kota Singaraja, Jalan Ngurah Rai Singaraja.

Deklarasi kampanye bersama ini menghadirkan kedua pasangan calon bersama tim pemenangannya, yakni Putu Agus Suradnyana-Nyoman Sutjidra (Paket PASS)---incumbent yang diusung PDIP bersama Hanura-NasDem-Gerindra-PPP-PAN-PKB---dan Paket Surya. Setelah deklarasi kampanye bersama hari ini, akan dilanjutkan dengan kampanye masing-masing pasangan calon secara bergantian setiap harinya.

“Kami tetapkan memakai zona waktu, bukan zone tempat dalam kampanye masing-masing pasangan calon. Ini menghidari adanya pertemuan masa pendukung pasangan calon,” ujar Ketua KPU Buleleng, Gede Suardana, secara terpisah di Singaraja, Kamis kemarin.

Tim pemenangan masing-masing pasangan calon pun sudah mulai merancang untuk datangkan juru kampanye (Jurkam) dalam Pilkada Buleleng 2017. Golkar selaku penyokong Paket Surya, siap datangkan Jurkam dari DPP Golkar. Rencana ini diungkapkan Ketua DPD I Golkar Bali, Ketut Sudikerta, ketika ikut mengawal pe-mbentukan tim pemenangan Paket Surya di Kantor DPD II Golkar Buleleng, Jalan Ngurah Rai Singaraja.

Sudikerta menyebut, sebagai bukti dukungannya, Golkar all out menangkan Paket Surya dengan mendatangkan Jurkam dari DPP Golkar. “Kita akan usahakan mendatangkan Pak Aburizal Bakrei, Pak Setya Novanto, Pak Agung Laksono, dan lainnya,” jelas Sudikerta.

Strategi politik yang sama juga dilakukan PDIP selaku pengusung Paket PASS. Menurut Ketua Tim Pemenangan Paket PASS, Gede Surpriatna, pihaknya tetap berusaha mendatangkan Jurkam dari DPP PDIP. “Kita berharap ada Jurkam DPP yang datang,” jelas Supriatna yang juga Sekretaris DPC PDIP Buleleng dan sekaligus Ketua DPRD Buleleng. * nat,k19

Komentar