nusabali

Sulinggih Ikuti Paruman Agung Dharma Ghosana

  • www.nusabali.com-sulinggih-ikuti-paruman-agung-dharma-ghosana

Ratusan sulinggih mengikuti Paruman Agung Dharma Ghosana (Pedanda Siwa-Buddha) Nusantara yang digelar di Wantilan Pura Goa Lawah, Kecamatan Dawan, Klungkung pada Saniscara Umanis Bala, Sabtu (17/12).

SEMARAPURA, NusaBali
Pedanda Siwa-Buddha yang hadir selain para sulinggih dari 9 kabupaten/kota se-Bali, juga beberapa di antaranya asal Pulau Jawa, Sulawesi dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Perhelatan 6 bulan sekali ini dibuka Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi, Anggota DPR RI Ida Bagus Putu Sukarta, Ida Dalem Semaraputra dan Kepala Kantor Kementerian Agama Klungkung, Ida Bagus Made Oka Yusa Manuaba.

Panglingsir Dharma Ghosana, Ida Pedanda Gede Jelantik Dwaja mengucapkan terima kasih kepada segenap jajaran Pemkab Klungkung karena telah mendukung terlaksananya acara paruman ini.

Tujuan dilaksanakannya paruman ini adalah untuk menyamakan persepsi dalam hal pemahaman sastra suci Weda, demi kedamaian semesta. Kepada seluruh peserta paruman, Ida Pedanda Gede Jelantik Dwaja mengajak untuk terus menjalankan nilai nilai ajaran yang ditanamkan oleh almarhum Ida Pedanda Made Gunung yang merupakan Ketua Dharma Ghosana Pusat periode sebelumnya. “Sepeninggal Ida Pedanda Made Gunung mari kita tetap menjalankan nilai nilai yang sudah ditanamkan untuk dijadikan panutan dan pedoman oleh seluruh Pedana dan Walaka,” ujar Ida Pedanda Gede Jelantik Dwaja.   

Sementara itu Bupati Suwirta berharap kepada seluruh sulinggih untuk dapat menghasilkan sebuah acuan dalam melaksanakan yadnya yang satwika, dengan acuan nista, madya, utama mandala. Serta menyempurnakan paruman agung berdasarkan sastra yang patut dipakai acuan oleh seluruh umat sedharma. * wa

Komentar