nusabali

Polisi Mulai Amankan Gereja

  • www.nusabali.com-polisi-mulai-amankan-gereja

Menjelang perayaan Hari Raya Natal bagi umat Nasrani, Minggu (25/12), jajaran Polres Gianyar mulai mengamankan masing-masing gereja di Gianyar.

GIANYAR, NusaBali

Pengamanan 24 jam dengan pola bergantian petugas. Hal itu diungkapkan Kapolres Gianyar AKBP Waluya SIK, Jumat (23/12). Di Gianyar terdapat 10 gereja tersebar di beberapa kecamatan. Kata Kapolres, pengamanan gereja oleh anggota kepolisian ini dibantu pihak gereja. Untuk mengoptimalkan pengamanan, biasanya gereja yang beberapa pintunya dibuka, kini dipusatkan pada satu pintu. “Dengan itu, polisi lebih mudah untuk melakukan pemeriksaan bagi jemaat yang hendak masuk gereja,” ungkapnya.

Jelas Kapolres Waluy, setiap anggota yang berjaga akan didampingi perwira. Waluya juga menyampaikan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2017, pihaknya melaksanakan Operasi Lilin Agung 2016. Pos-pos pengamanan yang dibuat di masing-masing gereja, pos pantau, dan pos terpadu. Persiapan pengamanan jelang Natal dan Tahun Baru sudah mulai dilakukan beberapa hari, termasuk pengecekan kendaraan baik roda dua maupun roda empat dari Satlantas Polres Gianyar.

Koordinator Satuan Tugas Gereja Santa Maria Ratu Rosari, Lodan mengungkapkan dari pihak gereja sendiri sudah menyiapkan anggota untuk ikut serta menjaga keamaan selama Natal hingga Tahun Baru 2017. Anggota keamanan ini dari jemaat gereja yang dibentuk dalam satuan tugas. “Secara bergilir jemaat melaksanakan pengamanan membantu pihak kepolisian,” jelasnya. * cr62

Komentar