nusabali

Polisi Siapkan Ratusan Personel Kawal Nataru

  • www.nusabali.com-polisi-siapkan-ratusan-personel-kawal-nataru

Ratusan personel Polres Buleleng saat ini sudah disiagakan untuk mengawal keamanan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

SINGARAJA, NusaBali

Bahkan Jumat (23/12) pos pengamanan dan pos pelayanan di dua lokasi yang berbeda sudah dibangun untuk memantau keamanan secara penuh. Selain itu polisi juga akan menggandeng anggota TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Pecalang Buleleng.

Kasat Lantas Polres Buleleng AKP Adi Sulistyo Utomo, ditemui di Mapolres Buleleng, Jumat (23/12) seizin Kapolres Buleleng AKBP I Made Sukawijaya mengaku sudah melakukan koordinasi dengan forum lalu-lintas. Pembangunan pos pengamanan di depan Taman Kota Singaraja, juga telah usai dibangun dan siap dioperasikan.

“Karena Taman Kota seperti tahun sebelumnya merupakan pusat tempat perayaan tahun baru, kami tempatkan pos pengamananan di sana,” ujar dia.  Selain itu juga ada satu pos pelayanan yang dibangun di depan terminal Banyuasri, mengingat wilayah itu merupakan tempat hilir-mudik dan informasi.

Menurutnya dari 560 personel Polres Buleleng yang disiagakan pada Nataru juga akan dibantu oleh anggota TNI, Dishub dan Satpol PP masing-masing 30 personel dan 500 orang pecalang yang ada di Buleleng. Mereka akan disebar sesuai dengan pemetaan keamanan yang telah disusun Polres Buleleng.

Khusus untuk pengamanan Natal, AKP Adi mengatakan semua akan terpusat di gereja-gereja yang ada di Buleleng. Seluruh jemaat akan diawasi ketat saat masuk dan keluar, terutama bagi seseorang yang mencurigakan. Sedangkan pada pengamanan Tahun Baru, hingga saat ini Polres Buleleng memetakan tiga titik rawan, yakni di Taman Kota, Eks Pelabuhan Buleleng dan Pantai Lovina.

Pihaknya pun mengaku akan menempatkan personel di masing-masing daerah rawan, sesuai dengan situasi dan kondisi. Khusus di eks pelabuhan Buleleng dan Pantai Lovina juga telah dibangun pos pantau untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi.

Pada puncak malam pergantian tahun pihaknya pun menegaskan bahwa Jalan Ngurah Rai di depan Taman Kota akan ditutup total. Arus lalu lintas dari arah utara akan dialihkan ke Jalan Udayana atau Gajah Mada, sedangkan arus lalu lintas dari arah Selatan akan dialihkan ke jalan Yudistira atau Werkudara. *k23

Komentar