nusabali

Pesawat Wings Air Tergelincir

  • www.nusabali.com-pesawat-wings-air-tergelincir

Pesawat Wings Air tujuan Bandung-Semarang tergelincir di Bandara Ahmad Yani, Semarang.

68 penumpang dan empat awak kabin, semuanya dalam keadaan selamat.


SEMARANG, NusaBali
Diduga IW 1896 tergelincir karena landasan yang basah. "Betul, kejadiannya sekitar pukul 18.45 WIB," kata Corporate Secretary PT Angkasa Pura (AP) I Israwadi saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (25/12) sekitar pukul 19.50 WIB.

Menurut Israwadi, saat itu cuaca di bandara memang sedang hujan. Namun dapat dipastikan bahwa tak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. "Kondisi memang sedang hujan, tergelincir pesawat Wings Air. Tidak ada korban jiwa. Sekarang masih dalam proses evakuasi," ujar Israwadi.

Israwadi menjelaskan, pesawat yang tergelincir merupakan jenis ATR berkapasitas 64 orang ditambah 4 orang kru. Kru dan penumpang dinyatakan selamat. "Aman, tidak apa-apa," jelasnya.

Sementara itu, Bandara Ahmad Yani Semarang ditutup sementara menyusul kejadian tergelincirnya pesawat Wings Air ATR 72 - 600 dengan nomor penerbangan IW 1896 dengan registrasi PK WGW rute Bandung - Semarang di landasan pacu Bandara tersebut.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, mengatakan Bandara Ahmad Yani Semarang ditutup sampai dengan 15.40 UTC atau 22.40 WIB. "Bandara ditutup sampai dengan 14.40 UTC, kemudian diperpanjang sampai 15.40 UTC," katanya.

Akibat penutupan sementara bandara tersebut, Bambang mengatakan penerbangan yang terdampak, yaitu Garuda Indonesia (GA244) yang harus kembali ke Jakarta, Kalstar Aviation (KLS966) dan Wings Air (IW1803) yang dialihkan ke Surabaya.

"Yang akan berangkat dan tertunda Silk Air tujuan Singapura, Lion, dan Citilink ke Cengkareng," katanya, seperti dilansir Antara.

Sementara itu, lanjut dia, pesawat yang terjadwal dan belum masuk ke Semarang, yaitu Swirijaya Air (SJY 226) Surabaya-Semarang PP, Nam Air (Nam220), Batik Air (BTK6346), Batik Air (BTK6352), Garuda Indonesia (GIA246).

Sementara itu, Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait menjelaskan Pesawat Wings Air ATR 72 - 600 dengan nomor penerbangan IW 1896 dengan registrasi PK WGW rute Bandung - Semarang mengalami overshoot atau keluar landasan pada saat melakukan proses pendaratan di Semarang.

"Pada pukul 18.24 pesawat Wings Air IW 1896 dengan rute Bandung menuju Semarang mengalami 'overshoot' di Semarang pada saat melakukan pendaratan. Cuaca pada saat melakukan pendaratan memang hujan tapi kita akan menunggu hasil lebih lanjut dari lembaga yan berwenang", ujarnya.

Edward menambahkan bahwa dalam penerbangan dengan Pilot in Command Capt George Tarun Rajan dan terdapat 68 penumpang dan empat awak kabin dan semuanya dalam keadaan selamat dan penumpang telah dievakuasi ke terminal. *

Komentar