nusabali

Pasangan Calon Adu Kuat Saksi di TPS

  • www.nusabali.com-pasangan-calon-adu-kuat-saksi-di-tps

Persaingan pun ketat, karena kedua pasangan calon bersaing menempatkan saksi sebanyak mungkin di masing-masing TPS.

PASS Siapkan 3.500 Saksi, Surya 5.430 Saksi


SINGARAJA, NusaBali
Masing-masing pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati di Pilkada Buleleng 2017 sudah merancang strategi kawal perolehan suara dari masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) hingga ke KPU. Kedua pasangan calon pun bersaing tempatkan saksi sebanyak mungkin di tiap TPS.

Dalam Pilkada Buleleng 2017, KPU Buleleng telah tetapkan jumlah TPS mencapai 1.086 TPS. Setiap TPS dimungkinkan ada 250-300 pemilih. Jumlah pemilih yang sudah ditetapkan dalam daftar pemilih tetap (DPT) oleh KPU mencapai 583.381 jiwa. Nah, kini masing-masing pasangan calon, Putu Agus Suradnyana-Nyoman Sutjidra (Paket PASS) selaku paslon incumbent dan Dewa Nyoman Sukrawan-I Gede Dharma Wijaya (Paket Surya) paslon dari jalur independen sudah merancang menempatkan para saksi di setiap TPS. Persaingan pun ketat, karena kedua paslon itu bersaing menempatkan saksi sebanyak mungkin di masing-masing TPS.

Paket PASS yang diusung PDIP, NasDem, Hanura, Gerindra, PAN, PPP, dan PKB sudah merancang kerahkan saksi sebanyak 3.500 orang. Jumlah saksi itu nanti disebar di masing-masing TPS sebanyak 3 orang. Kemudian di tingkat desa, kecamatan hingga KPU. Saksi itu merupakan gabungan dari kader koalisi pengusung Paket PASS, termasuk di dalamnya adalah simpatisan.

“Nanti kita sebar dan ditempatkan di masing-masing TPS ada 3 saksi. Demikian juga di tingkatannya kita tempatkan 3 saksi,” kata Ketua Tim Pemenangan Paket PASS, I Gede Supriatna yang dikonfirmasi, Rabu (21/12). Dalam pengawalan suara nanti, Paket PASS tidak mau main-main. Ribuan saksi yang dilibatkan nanti, sudah digembleng dengan materi pencoblosan dan penghitungan suara. Ribuan saksi itu digembleng di masing-masing kecamatan secara bergiliran.

“Sudah berjalan, Intinya tim kami sudah siap kawal pemenangan pasangan PASS. Karena saksi ini sangat penting, kami lebih awal membentuk dan membekali materi pokok pencoblosan dan penghitungan suara,” tandas politisi PDIP asal Desa/Kecamatan Tejakula ini.

Sementara Paket Surya juga sudah merancang kerahkan saksi dalam mengawal suara di coblosan 15 Februari 2017 nanti. Kendati belum ada pelatihan saksi, namun Paket Surya setidaknya merancang tempatkan 5.430 saksi. Nanti di setiap TPS akan ditempatkan sebanyak 5 orang saksi. “Kami sedang persiapan, pelatihan nanti kami lakukan sekitar bulan Januari,” kata calon Bupati Dewa Nyoman Sukrawan yang dikonfirmasi, kemarin.

Sukrawan menyebut, jumlah saksi yang dikerahkan cukup banyak itu, karena Paket Surya tidak ingin kehilangan suara.

Sukrawan mengaku masih melihat ada petugas yang terlibat dalam pemilihan belum sepenuhnya independen. “Kami khawatir, petugas di TPS, di tingkat PPK nanti tidak berjalan pada relnya. Kami melihat belum 100 persen berjalan sesuai relnya. Makanya kami nanti tempatkan 5 saksi di masing-masing TPS,” tandasnya. Menurut Sukrawan, ribuan saksi yang dikerahkan nanti berasal dari para pendukung dan simpatisannya, termasuk dukungan saksi dari parpol penyokong, yakni Partai Golkar, Demokrat dan PKS. Konon, masing-masing parpol penyokong seperti Golkar dan Demokrat diminta siapkan saksi masing-masing 1 orang di setiap TPS yang ada. * k19

Komentar