nusabali

Pedagang Mujair Siapkan Persediaan Lebih Banyak

  • www.nusabali.com-pedagang-mujair-siapkan-persediaan-lebih-banyak

Mujair hasil budidaya petani di Danau Batur, Kintamani, salah satu komoditas yang banyak dibeli warga untuk ‘pesta’ menyambut Tahun Baru  2017.

Mujair Jumbo Diburu Jelang Tahun Baru

BANGLI, NusaBali
Pedagang pun menyambut dengan menyediakan lebih banyak stok ikan mujair dibanding hari biasa. Ni Ketut Sri Mertayasa, seorang pedagang mujair di Pasar Kidul, Bangli, mengakui ada peningkatan pembelian mujair oleh warga. “Sudah sejak kemarin (Kamis, 29/12) mulai ramai,” ujar Mertayasa. Khusus untuk menu sambut tahun baru, warga lebih suka pada mujair jumbo (besar). “Kebanyakan untuk ikan bakar,” ujar Sri Mertayasa, Jumat (30/12).

Permintaan yang lebih banyak ketimbang hari biasa, menyebabkan pedagang ikan berani lebih banyak menyediakan ikan. Dari penuturan beberapa pedagang, mereka berani menyetok 50 kilogram atau lebih mujair. Sedang pada hari biasa, seorang pedagang membawa mujair sekitar 30 kilogram hingga 40 kilogram.

Terpisah I Made Darsana, seorang petani ikan di Danau Batur, menuturkan, permintaan  mujair jelang tahun baru memang lebih ramai,” ucapnya. Dikatakan permintaan tidak saja dari pedagang lokal, namun juga dari pedagang luar daerah, seperti Badung, Denpasar.

Sementara harga per kilogram mujair dari petani rata-rata Rp 25 ribu. Sementara pedagang menjualnya rata-rata Rp 26 ribu per kilogram. Harga ini lebih tinggi dari beberapa waktu sebelumnya, yang berkisar antara Rp 22 ribu sampai Rp 23 ribu per kilogram. * k17

Komentar