nusabali

LIB Apresiasi Kapolri Terbitkan Izin Liga 1 dan 2

  • www.nusabali.com-lib-apresiasi-kapolri-terbitkan-izin-liga-1-dan-2

JAKARTA, NusaBali
Operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengapresiasi penerbitan izin keramaian oleh Polri pada Senin (23/8) untuk Liga 1 musim 2021-2022 dan Liga 2 2021.

"Kami berbahagia dengan keluarnya izin resmi dari Polri. Untuk tanggal pelaksanaannya, saya rasa masih seperti rekomendasi dari BNPB/Satgas Penanganan COVID-19 yaitu Liga 1 mulai 27 Agustus 2021," ujar Direktur Utama LIB Akhmad Hadian Lukita, di Jakarta, Senin.

Akhmad Hadian menegaskan, pihaknya siap melaksanakan liga dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ketat seperti tanpa penonton di stadion, semua pihak yang terlibat mesti divaksinasi dan tes Covid-19 secara rutin.

LIB juga menyanggupi permintaan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk melakukan tes usap PCR kepada semua pemain dan pelatih di liga satu hari sebelum laga. Sebelumnya, LIB mensyaratkan tes swab antigen pada pagi hari saat hari pertandingan.

Pada Senin (23/8), Kapolri mengumumkan pemberian izin keramaian Liga 1 Indonesia 2021-2022 dan Liga 2 musim 2021. Dalam pemaparan di Mabes Polri, di Jakarta, Kapolri didampingi Menpora Zainudin Amali.  

"Berdasarkan hasil asesmen dan evaluasi terhadap PPKM, maka kami sepakat untuk memberikan persetujuan terkait perizinan untuk Liga 1 dan Liga 2," kata Listyo Sigit.

Listyo Sigit juga memastikan, Liga 1 dan Liga 2 digelar tanpa penonton. Selain itu, pihaknya mewajibkan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Liga 1 direncanakan mulai 27 Agustus 2021 hingga April 2022. Kompetisi tersebut digelar dalam enam seri dengan pertandingan berlangsung di tiga klaster wilayah Pulau Jawa. Namun lokasi pertandingan disesuaikan kondisi Covid-19 di daerah tersebut. Setelah kepastian Liga 1, berikutnya PSSI dan LIB menggulirkan Liga 2 yang ditargetkan mulai September 2021. *ant

Komentar