nusabali

Jadwal Liga 1 dan Venue Diecer

Tiap Pekan 9 Laga, Venue Dirilis H-2

  • www.nusabali.com-jadwal-liga-1-dan-venue-diecer

JAKARTA, NusaBali
PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum dapat merilis jadwal Liga 1 2021/2022 untuk semusim penuh.

PT LIB sebagai operator kompetisi baru mampu mengecer atau mencicil dan mengumumkan sembilan jadwal untuk setiap pekannya. Sedangkan venue pertandingan dirilis maksimal dua haru sebelum pertandingan (H-2), sehingga klub diminta selalu siap.

Ya, PT LIB kembali memulai Liga 1 pada akhir pekan ini setelah mendapatkan persetujuan pemerintah melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 38 tahun 2021. Pada diktum ke-8, Mendagri mengizinkan Liga 1 digelar maksimal sembilan pertandingan di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan 2.

"Liga 1 akan memainkan enam partai lanjutan pekan pertama pada 3-5 September 2021. Lalu jadwal pekan kedua, LIB akan mengumumkan jadwal sembilan partai, jumlah pertandingan maksimal sesuai instruksi Mendagri,"kata Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, di laman PSSI, Rabu (1/9).

"Selain itu, juga harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hasil evaluasi dari tiga pertandingan awal pada pekan lalu, alhamdulillah hasil evaluasinya sangat memuaskan," kata Sudjarno.

Selain itu, venue atau tempat bertanding baru ditunjuk maksimal H-2 sebelum pertandingan. Semua klub diminta menunggu dan standby di hotel yang disiapkan PT LIB. Menurut Sudjarno, PT LIB selaku operator kompetisi sudah menyepakati hal ini beserta para peserta dalam pertemuan manajer, Selasa (31/8). Bahkan saat jadwal pertandingan dirilis, tak akan ada keterangan venue pertandingan.

Hal itu terlihat dalam jadwal pekan pertama hingga keenam yang baru saja dirilis. Di sana hanya tercantum tanggal pertandingan saja yang tak dilengkapi dengan lokasi pertandingannya.

"Tempat memang masih kami kosongkan, karena akan diberitahu H-2. Klub-klub ini sudah dalam posisi siap dipanggil di Pulau Jawa. Kami berharap klub sudah siap kapan saja dipanggil tinggal pergi ke mana," kata Sudjarno.

Adapun pekan pertama Liga 1 masih menyisakan enam laga karena baru tiga laga saja yang digelar sebagai bahan evaluasi pemerintah. Setelah dianggap sukses, pemerintah pun mengizinkan kompetisi digelar sampai akhir musim.

Terdekat, ada pertandingan Tira Persikabo vs Madura United, Jumat (3/9) dan Persib Bandung vs Barito Putera, Sabtu (4/9). Teranyar, LIB menunjuk Indomilk Arena Tangerang sebagai venue dua laga itu.

Lebih jauh Sudjarno optimistis Liga 1 musim 2021-2022 akan selesai sesuai rencana yaitu April 2022. Meski demikian, dia mengakui penjadwalan sedikit terganggu karena tanggal mulai Liga 1 mundur dari 20 Agustus ke 27 Agustus 2021. *ant

Komentar