nusabali

Opsi Kedua untuk Rai Mantra

  • www.nusabali.com-opsi-kedua-untuk-rai-mantra

Saat ini komunikasi dengan sejumlah parpol terus dilakukan NasDem, hanya saja yang diajak komunikasi adalah parpol di luar PDIP.

Jika Koalisi Parpol Gagal, NasDem Siapkan Maju Jalur Independen


DENPASAR, NusaBali
Meskipun DPW Partai NasDem Bali terus menggalang koalisi untuk mendorong Walikota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra sebagai Calon Gubernur (Cagub) di Pilgub Bali 2018, rupanya partai besutan Surya Paloh ini juga menyiapkan opsi kedua.

Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Bali, Ida Bagus Oka Gunastawa di Denpasar, Minggu (22/1) mengatakan Rai Mantra dipastikan akan didorong maju Pilgub Bali 2018. Ada dua opsi yang disiapkan, yakni kendaraan koalisi partai dan maju dari jalur independen.

“Kalau komunikasi dengan partai politik untuk koalisi gagal, maka NasDem mendorong Rai Mantra maju melalui jalur perseorangan,” ujar Gunastawa. Dia mengatakan saat ini komunikasi dengan sejumlah partai politik terus dilakukan. Hanya saja Oka Gunastawa mengatakan yang diajak komunikasi adalah parpol di luar PDIP. “Kami untuk urusan begitu (koalisi) tidak mau menggoda PDIP untuk berkoalisi walaupun hubungan kami dengan kawan-kawan PDIP cukup bagus,” ujar Oka Gunastawa.

Gus Oka mengatakan saat ini penjajakan koalisi dengan partai-partai non PDIP, seperti dengan Golkar, Partai Gerindra, Hanura, PKPI dan PAN. Namun kalau gagal, Rai Mantra akan melakukan dua pola, seperti yang dilakukan kandidat Cagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Ahok gagal di perseorangan, akhirnya maju lewat partai politik. “Penjajakan koalisi berjalan. Tetapi ya itu tadi, kalau memang koalisi tidak terbentuk kita dorong beliau (Rai Mantra) melalui calon perseorangan,” kata Oka Gunastawa. Deklarator NasDem di Bali ini mengatakan Rai Mantra sendiri sudah beberapa kali bertemu dengan dirinya berbicara masalah Pilgub Bali 2018. Hingga beberapa waktu lalu Gus Oka mengantarkan Rai Mantra bertemu Ketua Umum DPP NasDem Surya Paloh di Kantor DPP NasDem Jalan Gondangdia Jakarta.

“Pak Rai Mantra dan Pak Surya Ploh memang sudah bertemu,” kata Oka Gunastawa. Nah dari proses penjajakan di NasDem, Rai Mantra kini menunggu adanya rekomendasi dari DPP Partai NasDem untuk tiket calon gubernur (Cagub). “Memang sudah ketemu Pak Rai Mantra dengan Pak Surya Paloh dan menunggu rekomendasi DPP Partai NasDem,” ujar politisi yang sempat dicap ‘pemberontak’ di Golkar ketika menjadi pengurus di DPD I Partai Golkar Bali.

Kalau Rai Mantra menuju calon perseorangan berarti dia harus memenuhi syarat dukungan KTP yang terverifikasi sejumlah 250.094 dukungan. Jumlah itu baru estimasi dari KPU berdasarkan data Pilpres 2014. Jumlah itu bisa berubah saat tahapan Pilgub Bali akan berjalan nanti. * nat

Komentar