nusabali

Polsek Gianyar Awasi Pasar

Cegah Kerumunan dan Kriminalitas

  • www.nusabali.com-polsek-gianyar-awasi-pasar

GIANYAR, NusaBali
Jelang Hari Raya Galungan, Buda Kliwon Dungulan, Rabu (10/11) besok, masyarakat berjubel untuk membeli bahan kebutuhan Galungan.

Guna mengantisipasi kerumunan untuk pencegahan pandemi Covid-19 dan aksi kriminalitas,  Polres Gianyar menyebarkan sejumlah anggota berseragam dinas dan non dinas atau preman ke pasar - pasar.

Hal itu, antara lain tampak di pasar pinggir jalan, antara lain di Jalan Ngurah Rai, Kota Gianyar, dan sekitar. Kapolsek Gianyar Kompol I Gusti Ngurah Yudistira, mengatakan, jelang Hari Raya Galungan pihaknya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. "Dengan menerjunkan personel, baik berpakaian dinas maupun preman. Petugas juga mengatur arus lalulintas yang padat  dan memantau kemungkinan aksi kriminalitas," ujarnya.

Menurutnya, aktivitas masyarakat jelang Galungan praktis meningkat, terutama pada Hari Penyajaan Galungan, Senin (8/11). Sehingga diperlukan kehadiran personel Polri untuk menciptakan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) agar tetap terjaga. ‘’Guna mewaspadai tindak kriminalitas an pengaturan arus lalu lintas, kami harus ambil tindakan nyata ini," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, jelas Yudistira, polisi juga mengimbau masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Dengan harapan kegiatan di pasar ini tidak menimbulkan kluster baru penyebaran Covid-19.

Di Kecamatan Blahbatuh, petugas juga berjaga di keramaian jual beli perlengkapan kebutuhan upacara jelang Galungan. Kapolsek Blahbatuh AKP Yoga Widyatmoko  mengatakan, timnya menggelar operasi yustisi sebagai upaya peemtif dan preventif segala bentuk gangguan keamanan dan ketertiban menjelang Galungan dan Kuningan. "Tingkat kunjungan masyarakat di pasar tradisional meningkat seiring persiapan hari raya. Kami juga melayani pengaturan lalu-lintas, memberikan imbauan prokes dan membagikan masker," ujarnya.

Dirinya menekankan protokol kesehatan sebagai prioritas imbauan. Dia mengaku tidak ingin masyarakat lalai menerapkan prokes. ‘’Momen di Hari Raya Galungan, mobilitas masyarakat meningkat. Kami wanti-wanti agar prokes pencegahan Covid-19 tetap dipatuhi," tegasnya. *nvi

Komentar