nusabali

Pohon Tumbang Timpa Pura, Rumah, dan Mobil

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-timpa-pura-rumah-dan-mobil

AMLAPURA, NusaBali
Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan 12 pohon di Karangasem bertumbangan, Senin (6/12).

Pohon tumbang menimpa Pura Melanting di Banjar Triwangsa, Desa Macang, Kecamatan Bebandem dan rumah di Banjar Tiyingan Kangin, Desa/Kecamatan Bebandem. Sementara beringin tumbang di Banjar/Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli menimpa palinggih padma, panggungan, dan penyengker Pura Dalem Pingit. Pohon tumbang juga menimpa atap dapur dan kamar mandi milik keluarga Dewa Aji Gading. Garase milik Dewa Gede Tison juga tertimpa dahan beringin. Di dalam garase ada satu unit mobil.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Karangasem I Nyoman Siki Ngurah didampingi Sekretaris Ida Bagus Ketut Arimbawa mengatakan, dahan beringin di Banjar Triwangsa Desa Macang menimpa palinggih Pura Melanting. Kejadiannya sekitar pukul 07.00 Wita. Sementara pohon kelapa panjang 25 meter dengan diameter 30 cm di Banjar Tihingan Kangin, Desa Bebandem menimpa sebagian rumah dan dapur milik I Wayan Suartana, 51. Atap, kap, dan tembok bangunan rusak. Perbekel I Gede Partadana memperkirakan kerugian mencapai Rp 30 juta. Saat kejadian, rumah dalam keadaan kosong.  

Petugas BPBD juga mengevakuasi pohon tumbang menutup akses jalan di 10 lokasi. Masing-masing di Banjar Tengah Desa Selumbung Kecamatan Manggis, Lingkungan Jasri Kelod Kelurahan Subagan Kecamatan Karangasem, Jalan Veteran, belakang SDN 4 Pertima, jalur menuju Pantai Desa Bugbug, Banjar Gula Desa Bhuana Giri Kecamatan Bebandem, Banjar Mumbul Desa Jungutan Kecamatan Bebandem, Banjar Telaga Desa Sibetan Kecamatan Bebandem, Banjar Telutug Desa Sibetan Kecamatan Bebandem, dan Banjar/Desa Muncan Kecamatan Selat.

Selain pohon tumbang juga ada bencana longsor di Banjar Desa, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat. Banjir di Jalan Untung Surapati menghanyutkan dua sepeda motor. Jalan pelintas di Banjar Butus, Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem terputus tergerus aliran air Sungai Mbah Api. Jalan yang putus telah diuruk dengan material.

Terpisah, Bendesa Adat Sulahan, Ketut Suwela mengatakan di areal Pura Dalem Pingit terdapat dua pohon beringin dan satu pohon kesambi. Ketiga pohon tersebut tumbang, Senin dini hari. Evakuasi pohon tumbang melibatkan tim gabungan. Sebelum evakuasi lebih dulu dilakukan upacara matur piuning di Pura Dalem Pingit. “Kami tidak berani sembarangan, kami mohon izin dulu,” ungkap Ketut Suwela. Akibat kejadian, diperkirakan kerugian mencapai ratusan juta rupiah. Bendesa Sulahan menambahkan, pada 2016 pohon beringin di areal Pura Dalem Pingit tumbang mengenai rumah warga.

Kasi Kedarutan dan Logistik BPBD Bangli, Ketut Agus Sutapa mengatakan terjadi beberapa bencana, Senin (6/12). Pohon tumbang di Banjar Sulahan dan tanah longsor di jalur Peninjoan-Penarukan, Desa Peninjoan Kecamatan Tembuku. Pohon tumbang menimpa atap rumah warga di Banjar/Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli. Pohon tumbang di Pura Prajapati Banjar/Kelurahan Kawan serta longsor di kawasan Objek Wisata Twin Hill Desa Bunutin Kecamatan Bangli. “Tidak ada korban jika pada kejadian tersebut. Penanganan kebencaan kami koordinasikan dengan Dinas PU karena perlu alat berat,” jelas Agus Sutapa. *k16, esa

Komentar