nusabali

Kodim Pasang Pompa Air di Siyut

  • www.nusabali.com-kodim-pasang-pompa-air-di-siyut

Personel Kodim 1616/Gianyar bersama krama subak memasang mesin pompa untuk mengangkat air Tukad Melangit di Desa Siyut, Gianyar, Kamis (16/2).

Antisipasi Kekeringan Lahan Sawah

GIANYAR, NusaBali
Langkah ini untuk mengairi persawahan terutama saat musim kemarau nanti. Selama ini, lahan pertanian Subak Siyut sering mengalami kekeringan. Belasan personel TNI berkumpul di Subak Siyut sejak Kamis (16/2) sektiar pukul 06.00 Wita. Bersama petani setempat, aparat ini menurunkan mesin pompa tersebut. Penurunan secara perlahan melalui medan terjal menuju Tukad Melangit, sekitar 300 meter.

Setelah berupaya secara perlahan melewati medan terjal, pemasangan pompa tuntas sekitar pukul 10.30 Wita. Mesin itu pun langsung diaktifkan untuk mengalirkan air melalui pipa dari sungai ke areal persawahan di Subak Siyut luas sekitar 35 hektare.

Danramil 1616-01/Gianyar Kapten Wayan Suargita mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu peran TNI membantu petani dalam mewujudkan swasembada pangan.  “Kami membantu penempatan mesin air untuk Subak Siyut, melalui medan yang sulit dan perlu kehati-hatian," ungkapnya.

Kata dia, pompa ini untuk memastikan ketika musim kemarau tahun ini, lahan pertanian di Subak Siyut tidak kekeringan. Selama ini pasokan air ke subak ini sangat kecil, hingga tahun lalu terjadi kekeringan yang berdampak penurunan produksi pertanian. * e

Komentar