nusabali

Pengusaha Galian C Siap Lestarikan Lingkungan

  • www.nusabali.com-pengusaha-galian-c-siap-lestarikan-lingkungan

Ketua Kelompok Air Arisedana, I Gusti Ngurah Putu Karjana bersama 20 anggotanya tandatangani pernyataan sikap menjaga lingkungan serta tanam pohon di eks galian C

TABANAN, NusaBali
Penandatanganan pernyataan sikap yang disaksikan Muspika Penebel, anggota Polsek dan anggota Koramil Penebel itu dilakukan di lokasi galian C Air Arisedana di Banjar Bugbugan, Desa Senganan, Kecamatan Penebel, Tabanan, Jumat (24/2).

Ketua Kelompok Air Arisedana, I Gusti Ngurah Putu Karjana menyambut baik program penghijauan kembali lahan bekas galian C yang diprakarasi kepolisian. Dikatakan, program ini sejalan dengan keinginan kelompok Penambang Air Arisedana karena selain melakukan penggalian untuk mengangkat batu alam, usaha galian ini juga bermanfaat menciptakan lahan pertanian baru.

Menurut Ngurah Karjana, sebelum dilakukan penggalian, lahan ini tidak bermanfaat karena tidak bisa ditanami palawija. Setelah batu ditambang, lahan bekas galian C bisa dijadikan kebun palawija. Kelompok Air Arisedana sangat mengharapkan penambangan ini diberikan izin. Mengingat usaha galian ini tidak merusak lingkungan. “Selain mengali batu, kami juga memperbaiki fungsi lahan agar bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam,” terang Ngurah Karjana.

Karjana mengatakan, dalam surat pernyataan itu, pihaknya berkomitmen menjaga lingkungan dengan tidak melakukan pengrusakan lingkungan. Menghijaukan kembali lingkungan dengan cara melakukan penanaman pohon. Menolak pihak-pihak baik individu maupun kelompok yang ingin merusak lingkungan. Mendukung pemerintah mewujudkan Tabanan yang hijau untuk menarik wisatawan berkunjung sampai ke desa-desa. Termasuk mendukung aparat kepolisian menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif. * k21

Komentar