nusabali

ASN Diingatkan Berinovasi Tanpa Harus Diperintah

  • www.nusabali.com-asn-diingatkan-berinovasi-tanpa-harus-diperintah

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung menggelar kegiatan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di bidang reformasi birokrasi dan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Kamis (10/2).

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang sekaligus sebagai narasumber mengajak ASN mencintai pekerjaannya dan berinovasi tanpa harus menunggu perintah. Kegiatan ini serangkaian percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi. Kegiatan dibuka Bupati Suwirta. Bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung ini mengatakan reformasi birokrasi tidak hanya sebuah perintah, namun menjadi kewajiban seluruh ASN. Dengan itu, tugas sebagai aparatur negara dan pelayan masyarakat yang baik, bisa diwujudkan. "Kita harus selalu menggelorakan reformasi dalam diri sehingga bisa menyusup ke dalam ruang ruang kehidupan," ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga menegaskan, kunci untuk bisa beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan zaman adalah mencintai pekerjaan dan meningkatkan rasa memiliki. "Selama ini ada perilaku perilaku yang buruk yang terbiasa dilakukan sehingga menjadi budaya," kata Bupati Suwirta, tanpa menyebut jenis perilaku buruk dimaksud.

Melalui reformasi birokrasi, Bupati berharap terjadi perubahan nilai dan budaya menjadi lebih baik dan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat tanpa harus menunggu perintah atasan. "Reformasi birokrasi yang semestinya dimulai dari diri sendiri, namun sulit dilakukan. Karena kurangnya rasa mencintai pekerjaan dan kurangnya rasa memiliki," ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta meminta ASN untuk menciptakan sesuatu berinovasi tanpa harus menunggu perintah. Dengan inovasi maka tidak bosan di kantor karena rutinitas yang itu-itu saja. "Mari berinovasi, tinggalkan zona nyaman yang mencari aman," kata Bupati Suwirta.

Seperti diketahui, tiga program inovatif Pemkab Klungkung tembus nominasi Top Inovasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD Tahun 2021. Ketiga program inovatif tersebut, masing-masing Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Gema Santi, Datangi Obati dan Rawat Kesehatan Masyarakat (Dorkesmas), serta Uyah Kusamba. Ketiga program yang digagas Bupati I Nyoman Suwirta ini menjadikan Klungkung satu-satunya kabupaten di Indonesia yang lolos di semua kelompok Top Inovasi KIPPP 2021.*wan

Komentar