nusabali

Dandim Pimpin Semai Bibit Padi

  • www.nusabali.com-dandim-pimpin-semai-bibit-padi

Dandim Karangasem Letkol Inf Fierman Sjafrial Agustus memimpin kegiatan menyemai bibit padi Cigelis di Subak Kuum Cangah, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Jumat (24/2).

AMLAPURA, NusaBali

Cara persemaian yang digunakan adalah dengan sistem bertanam di dalam kotak atau tray. Nantinya, bibit yang siap tanam, ditanam menggunakan mesin rice transplanter.

Kegiatan tersebut dilakukan di lahan I Wayan Suteja seluas 20 are. Hadir di acara itu Danramil Karangasem Kapten CAJ I Nyoman Mangku, Petugas Penyuluh Lapangan Dinas Pertanian Wilayah Desa Tumbu Ni Ketut Ujiani, Koordinator PPL Kecamatan Karangasem I Wayan Sukarata, staf Dinas Pertanian drh Pande, Kelian Subak Kuum Cangah I Made Ngenteg, dan masyarakat.

Letkol Inf Fierman hanya memotivasi krama subak. “Selanjutnya agar krama subak itu menyebarluaskan ilmu yang telah didapatkan. Apalagi di Makodim Karangasem ada alatnya lengkap, mulai dari alat menyemai bibit padi, bertanam hingga panen, petani bisa pinjam alat itu,” ujarnya.

Sebelumnya, Letkol Inf Fierman telah beberapa kali terjun ke sawah, bertanam padi, hingga panen, namun dilakukan secara manual. Kali ini menggunakan teknologi.

Kelian Subak Kuum Cangah I Made Ngenteg merasa termotivasi setelahmendapat arahan Dandim. “Ternyata caranya menyemai padi cukup mudah dan praktis. Nanti saya sebarkan ilmu itu ke krama subak,” ucapnya. * k16

Komentar