nusabali

Bupati Suwirta Cek Kawasan Pantai

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-cek-kawasan-pantai

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati klungkung I Nyoman Suwirta turun ke lapangan beserta Tim Perencana Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), dan Daya Tarik Wisata (DTW) dari Pantai Tegal Besar, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan - Pantai Goa Lawah, Desa Persinggahan, Kecamatan Dawan, Senin (14/2) pagi.

Selain mengecek zona RDTR/DTW, Bupati Suwirta juga berkoordinasi dengan para kelian subak, bendesa adat, dan kepala desa (perbekel) setempat. Bupati Suwirta berharap kepada masyarakat agar tidak salah paham dengan perencanaan ini, jangan nanti ada pikiran dari Pantai Tegal Besar sampai Pantai Goa Lawah akan didirikan hotel-hotel besar, dan pemilik lahan dipaksa untuk melepas lahannya. Namun, konsep RDTR/DTW ini bisa mengakomodir para petani di wilayah tersebut, bahkan dengan ditetapkannya RDTR/DTW maka bisa mengatur wilayah tersebut menjadi daerah pariwisata berbasis pertanian, bukan sebaliknya pertanian berbasis pariwisata. "Pengaturan ini akan menjadi acuan dalam pengurusan izin pembangunan fasilitas pariwisata," ujar Bupati Suwirta.

Bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida ini, menyebut kawasan suci di wilayah tersebut harus diproteksi dengan baik agar para pemilik lahan atau investor tidak sembarangan membangun hotel atau vila. "Itu sudah kita sudah atur dari awal," tegas Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta meyakinkan bahwa pengaturan RDTR dan DTW ini tidak didasari kepentingan pribadi, namun hanya semata mata untuk kemajuan Kabupaten Klungkung. "Kami juga mendapat masukan langsung dari para kelihan subak sebagai pertimbangan dalam menentukan titik-titik DTW sehingga nanti finalisasinya dapat segera kita ajukan ke Kementrian Agraria dan Tata Ruang/BPN RI," ujar Bupati Suwirta.*wan

Komentar