nusabali

FKUB Jembrana Sepakat Amankan Nyepi

  • www.nusabali.com-fkub-jembrana-sepakat-amankan-nyepi

Majelis agama se-Jembrana sepakat untuk mengamankan rangkaian pelaksanaan Nyepi nanti. Dan pelaksanaan ibadah saat Nyepi, dilaksanakan di rumah.

NEGARA, NusaBali

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jembrana menggelar rapat koordinasi (rakor) dalam rangka kesiapan menyambut Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1944 di aula FKUB Jembrana, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Rabu (16/2). Dalam rakor yang juga diagendakan membahas kesiapan penyusunan seruan bersama FKUB Jembrana itu, para majelis agama se-Jembrana sepakat untuk mengamankan rangkaian pelaksanaan Nyepi nanti.

Selain dihadiri para majelis agama se-Jembrana, rakor itu juga diikuti jajaran Forkopimda dan sejumlah instansi terkait. Di antaranya hadir Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, Asisten 1 Setda Jembrana I Nengah Ledang mewakili Bupati Jembrana, Pasi Intel Kodim 1617/Jembrana Lettu Ida Made Putra mewakili Dandim Jembrana, Kepala Kantor Kementerian Agama Jembrana I Made Sumarawan, Bendesa Madya Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Jembrana Nengah Subagia, Camat se–Kabupaten Jembrana, Bendesa Alit MDA kecamatan se–Kabupaten Jembrana, ketua FKUB kecamatan, dan ketua Pasikian Pecalang MDA Kabupaten Jembrana.

Ketua FKUB Jembrana yang juga Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Jembrana I Komang Arsana, mengatakan rakor bertujuan menyamakan persepsi dalam rangka menyambut Nyepi nanti. Khususnya menjaga toleransi antarumat beragama terjalin dengan baik sehingga pelaksanaan Nyepi nanti berjalan dengan aman, nyaman, dan damai.

Menurut Arsana, dalam rangkaian kegiatan Nyepi tahun ini akan diawali kegiatan Melasti yang dilaksanakan mulai 28 Februari mendatang. Kemudian pelaksanaan pecaruan saat pangerupukan pada 2 Maret atau H-1 Nyepi. Kemudian saat Nyepi pada 3 Maret nanti, dilaksanakan catur berata penyepian. “Intinya seluruh majelis umat sepakat untuk sama-sama menjaga keamanan. Termasuk saat pelaksanaan catur berata saat Nyepi nanti. Disepakati imbauan untuk pelaksanaan ibadah saat Nyepi, dilaksanakan di rumah,” ujar Arsana.

Sementara untuk surat resmi seruan bersama FKUB Jembrana terkait pelaksanaan Nyepi nanti, kata Arsana, masih disusun. Ketika sudah ada keputusan resmi, akan segera diedarkan ke masyarakat. “Kami masih bahas secara umum. Kalau untuk surat resminya, masih disusun. Nanti kalau sudah ditandatangani semua pihak terkait, baru kami edarkan,” ucap Arsana saat dikonfirmasi usai rakor.

Sementara Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana dalam rakor tersebut meminta kepada para majelis agama sama-sama saling menjaga agar pelaksanaan Nyepi nanti dapat berjalan aman dan kondusif. Begitu juga PHDI Kabupaten Jembrana diharapkan menyampaikan kepada masyarakat agar dapat melaksanakan rangkaian Nyepi sesuai dengan aturan ataupun imbauan yang ditetapkan pemerintah dalam rangkaian pelaksanaan Nyepi di tengah suasana masa pandemi Covid-19.

“Kami dari instansi Polri bersinergi dengan TNI akan tetap mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan Hari Raya Nyepi Tahun 2022. Dalam rangka pengamanan guna terciptanya situasi tertib, aman, dan kondusif,” kata AKBP Juliana.

Sedangkan Nengah Ledang juga mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan beragama. Toleransi antarumat beragama yang sudah berjalan dengan baik di Jembrana, agar tetap dijaga dengan baik sehingga pelaksanaan Nyepi nanti dapat terlaksana dengan aman dan lancar. *ode

Komentar