nusabali

Bupati Suwirta Buka Kegiatan Gema Tansaplas

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2022

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-buka-kegiatan-gema-tansaplas

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat membuka kegiatan Gerakan Bersama Puputan Sampah Plastik (Gema Tansaplas), serangkaian Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2022, di sepanjang Pantai Pesinggahan - Rest Area Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung, Jumat (18/2) pagi.

Bupati Suwirta mengatakan jangan merasa bangga dan senang seluruh ASN bisa berkumpul untuk memungut sampah plastik. "Karena hal ini menandakan kita belum berhasil memberantas sampah plastik dan mengubah pola pikir masyarakat untuk ikut menjaga lingkungannya dari sampah plastik," ujar Bupati Suwirta.

Menurutnya, gerakan berburu sampah plastik seperti ini sudah rutin dilakukan setiap Jumat dan diikuti beberapa desa. Namun, perilaku masyarakat yang kurang peduli terhadap lingkungannya juga masih tinggi. Warga masih suka mencari celah dan tempat untuk membuang sampah plastiknya.

Untuk itu, Bupati Suwirta meminta seluruh ASN harus mampu menjadi agen perubahan dan mengajak warga untuk ikut bersama sama memerangi dan mengelola sampah plastik. Kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan, Bupati Suwirta tugaskan untuk menggencarkan lagi sosialisasi pemilahan sampah kepada masyarakat. Karena menurutnya, belakangan ini kedisiplinan warga dalam memilah sampah sudah mulai menurun. Warga juga mengeluarkan sampahnya dari rumah tidak sesuai jadwal/waktu yang telah ditentukan sehingga banyak sampah berserakan di jalanan.

Kepada pengelola objek wisata dan perkantoran, pesan Bupati, supaya menyediakan dan menambah tempat tempat pembuangan sampah. Sehingga warga yang berkunjung tidak kesulitan saat akan membuang sampah pada tempatnya. "Silahkan semua peserta, posting kegiatan perburuan sampah plastik ini ke sosial media, sehingga masyarakat ikut tergugah untuk ikut memerangi sampah plastik," jar Bupati Suwirta.

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2022 mengambil tema “Kelola Sampah Kurangi Emisi Bangun Proklim”. Kegiatan dipimpin Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta ini diikuti oleh Sekda Klungkung Gede Putu Winastra, seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan ASN di lingkungan Pemda Klungkung serta Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung dipimpin Ny Ayu Suwirta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung I Ketut Suadnyana mengatakan kegiatan bersih-bersih sampah plastik di Klungkung digelar serempak di 4 kecamatan. Di Kecamatan Klungkung, di pusatkan di Pantai Watu Klotok, di Kecamatan Dawan di sepanjang pesisir Pantai Goa Lawah - Belatung, Kecamatan Banjarangkan di Pantai Lepang, dan di Kecamatan Nusa Penida di Pantai Telaga, Desa Kutampi Kaler.

Kegiatan Gamatansaplas tidak hanya dilaksnakan hari ini, namun setiap Jumat melibatkan berbagai elemen masyarakat. "Kegiatan itu dilaksanakan untuk membiasakan masyarakat untuk memerangi sampah plastik di lingkungan masing-masing," ujar Suadnyana.

Selain itu, ada beberapa kebijakan yang dibuat untuk membiasakan masyarakat mengelola sampah plastik. Di antaranya, membuat kebijakan pemilahan sampah organik dan non organik sesuai jadwal dan pengelolaan sampah plastik di TOSS bekerja sama dengan APSI. Kata dia, dari sampel di Kota Semarpura, inisiatif warga membuang sampah plastik sesuai tempat sudah 80,46 persen. Kebiasaan memilah sampah dari rumah tangga 82 persen. *wan

Komentar