nusabali

NasDem–Gerindra Jajaki untuk Usung Rai Mantra

  • www.nusabali.com-nasdem-gerindra-jajaki-untuk-usung-rai-mantra

Partai NasDem bakal menggalang kongsi dengan partai politik untuk mengusung Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra (Rai Mantra) maju di Pilgub Bali 2018 mendatang.

DENPASAR, NusaBali
Ketua DPW NasDem Ida Bagus Oka Gunastawa mengatakan pekan ini bakal menjajaki pertemuan dengan elite Gerindra Bali dan sejumlah partai politik yang memiliki kursi di DPRD Bali hasil Pileg 2014.

Oka Gunastawa mengatakan sejak NasDem deklarasikan Rai Mantra sebagai Cagub Bali 2018, sejumlah partai langsung menyatakan merapat. Dirinya sempat bertemu dengan Ketua Fraksi Gerindra DPRD Bali I Nyoman Suyasa di Karangasem, saat kegiatan dengan Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri.

“Partai–partai yang kami jajaki ada PKPI, PAN, termasuk Gerindra. Saya sudah ketemu Suyasa di Karangasem, dan sepakat pekan ini gelar pertemuan soal koalisi,” ujar Gus Oka Gunastawa di Denpasar, Sabtu (4/3).

Gerindra sebelumnya bergabung dalam Koalisi Bali Mandara (KBM) di Pilgub Bali 2013 mengusung Made Mangku Pastika–I Ketut Sudikerta, berarti Gerindra tinggalkan Golkar? “Kalau soal Koalisi Bali Mandara tanya ke Gerindra saja. Yang jelas kami akan bertemu dulu buat usung Gus Rai Mantra,” tegas mantan pentolan Partai Golkar Bali yang memilih cabut karena berseberangan dengan Ketua DPD I Golkar Bali I Ketut Sudikerta.

Oka Gunastawa mengatakan DPW NasDem sudah mengantongi rekomendasi Cagub dari DPP NasDem yang ditandatangani oleh Ketua Umum Surya Paloh. Sehingga NasDem tinggal menggalang kekuatan politik untuk berkoalisi. “Kami ditugasi DPP segera komunikasi dengan parpol buat Rai Mantra,” kata politisi asal Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem,  Karangasem, ini.

Siapa Calon Wagub Rai Mntra yang disiapkan? “Kalau soal bakal calon wakil gubernur, kami serahkan sepenuhnya kepada Gus Rai Mantra. Baik dari partai politik atau independen, kami serahkan saja kepada beliau (Rai Mantra),” ucap Oka Gunastawa.

Sementara manuver NasDem yang sudah deklarasikan Rai Mantra, membuat Partai Gerindra juga bergerak. Gerindra yang sebelumnya disebut-sebut ambil alih penggalangan koalisi buat Rai Mantra —karena memiliki 7 kursi di DPRD Bali—, langsung atur strategi. Dalam pekan ini Gerindra menggalang partai politik di DPRD Bali untuk koalisi mengusung Rai Mantra.

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Bali I Nyoman Suyasa, secara terpisah Sabtu kemarin, mengatakan Fraksi Gerindra segera rapatkan barisan melakukan komunikasi dengan partai politik pemilik kursi DPRD Bali hasil Pileg 2014 lalu. Suyasa menyebutkan tidak kebakaran jenggot dengan deklarasi Partai NasDem usung Rai Mantra. “Justru kami yang sudah galang kekuatan politik untuk koalisi sejumlah partai, yang memiliki kursi di DPRD Bali. Biarlah NasDem deklarasi untuk Gus Rai. Tidak persoalan itu,” ujar Suyasa.

Suyasa menyebutkan NasDem tidak menutup kemungkinan akan berada di dalam koalisi yang digalang Gerindra Bali. Karena NasDem hanya memiliki 2 kursi DPRD Bali, dari 11 kursi yang disyaratkan untuk bisa mengusung calon gubernur di Pilgub Bali 2018 (20 persen dari 55 kursi DPRD Bali). “NasDem mau tak mau harus berkoalisi dengan partai lain. Dengan 2 kursi jelas nggak cukup. Kalau NasDem mau gabung ke koalisi yang kami galang, kami sangat terbuka,” tegas politisi asal Desa Pertima, Kecamatan Karangasem, ini.

Suyasa menyebutkan pihaknya pekan ini akan melakukan komunikasi dengan parpol di DPRD Bali untuk membicarakan Pilgub Bali 2018. Sebelumnya dengan PAN, PKPI, Demokrat, dan Hanura sudah dilakukan komunikasi. Karena makin dekatnya tahapan Pilgub Bali 2018 maka komunikasi itu diintensifkan. Hasil komunikasi politik dengan parpol di DPRD Bali akan dilaporkan kepada induk partai. “Apa hasilnya nanti kami sampaikan kepada induk partai,” tegas anggota Komisi III DPRD Bali ini. * nat

Komentar