nusabali

Kodim Tabanan Bantu Lansia Sebatang Kara Bedah Rumah

  • www.nusabali.com-kodim-tabanan-bantu-lansia-sebatang-kara-bedah-rumah

TABANAN, NusaBali
Kodim 1619 Tabanan realisasikan bedah rumah terhadap lansia sebatang kara, Gusti Ayu Nyoman Sulastri, 97, di Banjar Taman, Desa Gubug, Kecamatan Tabanan pada Rabu (13/7).

Sebelumnya rumah yang dihuninya sudah tak layak huni alias bocor. Setidaknya untuk tahun 2022  Kodim Tabanan akan realisasikan 3 bantuan bedah rumah kepada warga kurang mampu di Tabanan. Pengerjaan bedah rumah ini memakan waktu satu bulan sesuai dengan kondisi rumah yang dibedah.

Kodim Tabanan membedah rumah Gusti Sulastri karena atap rumahnya bocor dan tanpa jendela. Selain itu, dia tinggal sebatang kara setelah suami dan anaknya meninggal. Sebenarnya Gusti Sulastri masih punya 2 cucu, namun sudah menikah dan meninggal. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan harian, dia dibantu keluarga yang tinggal tak jauh dari rumahnya.

Dandim Tabanan Letkol Inf Ferry Adianto mengatakan tahun 2022 Kodim Tabanan merealisasikan program bedah rumah 3 unit. Program ini sebagai upaya membantu masyarakat untuk memiliki rumah layak huni. “Lama pengerjaan bedah rumah ini satu bulan, dilakukan secara gotong royong,” tegasnya.

Kata dia sasaran bedah rumah ini adalah warga kurang mampu dan kondisinya memang rumah yang benar-benar tak layak huni. “Kita harapkan program ini akan bertambah setiap tahunnya,” tandas Letkol Adianto.

Perbekel Gubug Nengah Mawan berterima kasih kepada Kodim Tabanan yang sudah membantu warganya mendapatkan program bantuan bedah rumah.

Menurut Mawan, di Desa Gubug mencatat ada 23 rumah yang tak layak huni, namun sekarang tinggal 8 unit yang belum ditangani. “Sisanya ini akan dituntaskan agar di tahun 2025 mendatang tidak ada lagi warga kami yang tinggal di rumah tak layak huni. Untuk tahun 2021 sampai 2022 sudah ada 4 unit yang sudah mendapatkan program bedah rumah,” tandas Mawan. *des

Komentar