nusabali

Pohon Juwet Terbakar saat Ngaben Massal

  • www.nusabali.com-pohon-juwet-terbakar-saat-ngaben-massal

BANGLI, NusaBali
Sebuah pohon yang ada di areal setra (kuburan) Desa Adat Tamanbali, Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli terbakar pada Sabtu (20/8) siang.

Pohon terbakar sekitar pukul 14.00 Wita diduga akibat percikan api saat dilaksanakan pembakaran jenazah pada upacara ngaben massal.  Api berhasil dipadamkan, sehingga tidak mengganggu jalan upacara ngaben tersebut.

Perbekel Tamanbali, I Nyoman Suargita mengungkapkan kebakaran terjadi saat berlangsung prosesi pembakaran sawa. "Sedang dilaksanakan upacara ngaben massal, pada saat pembakaran petulangan kemungkinan percikan api mengenai dahan pohon tersebut," ungkapnya.

Menurut Nyoman Suargita, pohon yang terbakar adalah pohon juwet. Pada pohon tersebut memang ada dahan yang kering, sehingga saat kena percikan api, pohon terbakar.

Krama yang berada di lokasi berupaya memadamkan api. Namun karena selang tersebut tidak dapat menjangkau titik api, akhirnya krama meminta bantuan petugas pemadam kebakaran. "Kami menerima laporan dari warga ada pohon terbakar di Setra Tamanbali sekitar pukul 14.57 Wita, dan langsung menerjunkan personel," ujar Kabid Damkar BPBD Bangli, Dewa Gede Wirawan.

Tidak sampai ada korban dalam peristiwa tersebut. Selain itu upacara ngaben berjalan dengan baik. "Upacara dapat terlaksana, kejadian itu tidak sampai menghambat rangkaian upacara," jelas Suargita.

Sementara itu upacara ngaben massal kali ini melibatkan dua banjar yakni Banjar Adat Gaga dan Prasanghyang. Kemudian yang diupacarai sebanyak 32 sawa. *esa.

Komentar