nusabali

Puan, Airlangga dan AHY Dijagokan di 2024

Parpol Luncurkan Capres di Paripurna

  • www.nusabali.com-puan-airlangga-dan-ahy-dijagokan-di-2024

Fraksi Gerindra, NasDem, PKB, PKS, PAN dan PPP tidak menyampaikan kandidat capresnya

JAKARTA, NusaBali

Partai politik (parpol) melalui perwakilannya di DPR RI luncurkan nama capres (calon presiden) 2024. Seperti saat sidang paripurna DPR RI di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (23/8), juru bicara Fraksi PDIP, Fraksi Golkar, Fraksi Demokrat meneriakkan jagonya yang akan ditarungkan di Pilpres 2024.

Aksi meluncurkan capres ini seperti tak terduga. Karena agenda sidang kemarin adalah pandangan umum fraksi-fraksi tentang RUU (Rancangan Undang-undang) tentang APBN Tahun Anggaran 2023 beserta nota keuangannya. Namun, momentum itu malah digunakan oleh beberapa juru bicara fraksi untuk mendukung capres masing-masing.

Berawal dari juru bicara Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Abidin Fikri yang mendapat kesempatan pertama menyampaikan pandangan umum. Di akhir penyampaian pandangan umum, atau saat akan menyerahkan berkas kepada Ketua DPR RI Puan Maharani, Abidin mendadak kembali ke podium. "Izin, saya belum menyapa Ibu Ketua DPR RI karena keasyikan pidato. Yang saya hormati Ibu Ketua. Saya selalu berdoa, agar Ibu Puan menjadi Presiden Republik Indonesia," ujar Abidin disambut tepuk tangan Anggota DPR RI lainnya yang hadir di sidang paripurna.

Puan yang didampingi Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel (Fraksi NasDem), Lodewijk Freidrich Paulus (Fraksi Golkar) dan Sufmi Dasco Ahmad (Fraksi Gerindra) terlihat tersenyum. Selanjutnya Abidin turun dari podium dan menyerahkan berkas kepada Ketua DPR RI Puan Maharani dan menyalami para Wakil Ketua DPR RI.

Fraksi Golkar pun, tidak mau kalah. Fraksi Golkar yang mendapat urutan kedua menyampaikan pandangan umum juga menggemakan nama Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto sebagai presiden. Adalah juru bicara Fraksi Golkar Dave Akbarshah Fikarno alias Dave Laksono di akhir penyampaian pandangan umum Fraksi Golkar memekikkan Airlangga Hartarto Presiden. "Golkar Indonesia, Indonesia Golkar. Airlangga Presiden," tegas Dave Laksono disambut tepuk tangan meriah dari Anggota DPR RI lainnya.

Setelah Dave Laksono, juru bicara fraksi lainnya seperti Fraksi Gerindra, NasDem, PKB, PKS, PAN dan PPP tidak menyampaikan kandidat capresnya. Nama capres kembali bergema saat Fraksi Demokrat melalui juru bicara Irwan menyampaikan pandangan umum. Irwan dengan lantang menyebut nama AHY (Agus Harimurti Yudhoyono).

Sebelumnya, Irwan sempat mengkritisi tentang kenaikkan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) oleh pemerintah. Irwan mengajak agar kenaikkan BBM ditolak. "Demokrat bersama rakyat. Rakyat sedang susah. Tolak kenaikkan BBM. AHY Presiden,” imbuh Irwan. *k22

Komentar