nusabali

Pantai Jerman Bakal Dibangun Penangkaran Penyu

  • www.nusabali.com-pantai-jerman-bakal-dibangun-penangkaran-penyu

MANGUPURA, NusaBali
Tempat penangkaran penyu bakal dibangun di Pantai Jerman, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta.

Sebab belakangan ini mulai ditemukan ada penyu yang bertelur di kawasan ujung selatan Pantai Kuta itu. Dengan adanya tempat penangkaran tersebut, diharapkan tukik dapat terjaga dengan baik hingga siap kembali dilepasliarkan. Kepala Lingkungan Banjar Segara, Nyoman Water, mengakui belakangan ini beberapa kali sempat ada penyu bertelur di Pantai Jerman. “Warga banjar segara yang kebetulan berada di pantai kebetulan melihat penyu membuat lubang, dan kemudian bertelur. Kejadiannya itu sekitar seminggu lalu sekitar pukul 23.00 Wita,” jelas Nyoman Water, Rabu (21/9).

Melihat hal tersebut, lanjutnya, warga kemudian menjaga dan mengamankan kawasan tempat penyu bertelur itu dari gangguan anjing sekitar. Hal itu kemudian ditindaklanjuti dengan membuatkan pagar dari jaring kawat untuk kemudian dipasangi spanduk pemberitahuan. Dia mengaku kurang mengetahui jenis penyu yang bertelur itu, namun diperkirakan merupakan jenis penyu lekang seperti yang lazimnya sering bertelur di Pantai Kuta. “Untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan, masyarakat bikin semacam pengaman dari besi,” katanya.

Masih menurut Nyoman Water, dengan mempertimbangkan semakin seringnya penyu bertelur di Pantai Jerman, muncul rencana membangun penangkaran untuk penyu yang bertelur. Dia berharap akan semakin banyak lagi penyu yang bertelur di Pantai Jerman, sehingga kegiatan konservasi penyu juga bisa menjadi daya tarik untuk wisatawan.

“Harapannya ini terus berkembang dan tentunya akan menjadi potensi lokasi konservasi penyu,” harap Nyoman Water. *dar

Komentar