nusabali

WYP Art Foundation Gelar Lomba Bapang Barong Buntut dan Makendang Tunggal Se-Bali

  • www.nusabali.com-wyp-art-foundation-gelar-lomba-bapang-barong-buntut-dan-makendang-tunggal-se-bali

DENPASAR, NusaBali
Komunitas Wira Yowana Prasetya (WYP) Art Foundation menggelar Lomba Bapang Barong Buntut dan Makendang Tunggal Se-Bali, di Wantilan Pura Dalem Bungkeneng, Desa Adat Tonja, Denpasar Utara, Minggu (9/10).

Kegiatan yang dilaksanakan serangkaian HUT ke–12 WYP Art Foundation ini dibuka Kadis Kebudayaan Kota Denpasar Raka Purwantara dengan menarikan Punggelan Barong.

Hadir dalam kesempatan tersebut anggota DPRD Provinsi Bali AA Gede Agung Suyoga, Ketua Komisi I DPRD Denpasar I Ketut Suteja Kumara, anggota DPRD Denpasar I Nyoman Sumardika, Camat Denpasar Utara I Wayan Yuswara, serta undangan lainnya.

Pimpinan Sanggar Gede Putra Wirawan didampingi Ketua Panitia Komang Krisna Haris Setyawan, menjelaskan Lomba Bapang Barong Buntut dan Makendang Tunggal Se-Bali ini dilaksanakan serangkaian HUT ke–12 yang jatuh pada 10 Oktober. Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi wahana untuk mengembangkan bakat dan minat generasi muda terhadap Tari Barong dan makendang tunggal.

“Tatasan merupakan daerah yang terkenal dengan kesenian Barong. Inilah yang menjadi semangat bagi kami generasi muda untuk mengambil peran dalam melestarikan warisan budaya leluhur,” kata Putra Wirawan.

Lomba ini diikuti oleh 20 peserta yang berasal dari seluruh Bali. Seluruh peserta merupakan anak muda yang berusia maksimal 17 tahun. Nantinya, para juara I, II, dan III dari masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah berupa piala, piagam, dan uang tunai. Sedangkan juara harapan I, II, dan III akan mendapatkan piala dan piagam.

Raka Purwantara mengapresiasi Lomba Bapang Barong Buntut dan Makendang Tunggal yang digelar WYP Art Foundation. Hal ini sejalan dengan visi Kota Denpasar, yakni kota kreatif berbasis budaya menuju Denpasar Maju.

Menurut Raka Purwantara, Tatasan merupakan salah satu daerah yang terkenal akan kesenian Barong. Bahkan pada PKB XLIV Tahun 2022, duta Kota Denpasar pada Lomba Bapang Barong yang diwakili oleh Sekaa Barong Tatasan sukses menjadi juara I. *mis

Komentar