nusabali

Tabrakan Maut Truk Hantam Minibus, 1 Tewas

Belasan Luka-luka, Jalur Singaraja-Denpasar Macet

  • www.nusabali.com-tabrakan-maut-truk-hantam-minibus-1-tewas
  • www.nusabali.com-tabrakan-maut-truk-hantam-minibus-1-tewas

SINGARAJA, NusaBali
Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Raya Singaraja-Denpasar KM 25 di wilayah Banjar Dinas Buyan, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Buleleng.

Sebuah truk Hino bernopol DK 8805 AN menghantam kendaraan minibus Isuzu angkutan umum nopol DK 7261 VN. Akibat kejadian ini, satu orang penumpang tewas di tempat, dan belasan orang penumpang lainnya luka-luka.

Informasi yang dihimpun, kecelakaan maut tersebut terjadi pada, Selasa (27/12) siang pukul 12.30 Wita. Kecelakaan itu berawal dari kendaraan minibus yang datang dari arah selatan (Denpasar) menuju utara (Singaraja). Minibus berwarna merah itu mengangkut sejumlah penumpang dari Terminal Ubung, Kota Denpasar hendak menuju Terminal Sangket, Kecamatan Sukasada, Buleleng.

Begitu tiba di jalanan lurus menuju lokasi kejadian, minibus yang disopiri oleh Nyoman Putrawan,50, asal Desa Suwug, Kecamatan Sawan, Buleleng ini hendak mendahului kendaraan di depannya. Saat mendekati TKP, dari arah yang berlawanan muncul truk box Hino DK 8805 AN yang dikemudikan Hamdan,62. Karena jarak terlalu mepet, sopir minibus pun banting setir ke kiri berusaha menghindari truk Hino. Namun benturan tetap terjadi. Truk box Hino tersebut menabrak bagian depan tengah minibus hingga ke belakang.

Akibatnya, truk Hino ringsek berat di bagian depan. Sedangkan minibus Isuzu mengalami kerusakan pada bagian kanan hingga ke belakang. Kepanikan pun terjadi usai tabrakan. Para penumpang yang selamat berusaha keluar dari minibus Isuzu dengan histeris. Mereka dievakuasi oleh warga ke pinggir jalan. Sedangkan sopir truk yang asal Banjar Dinas/Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, sempat terjebak di badan truk namun akhirnya berhasil dikeluarkan. Kecelakaan ini menewaskan seorang penumpang bernama Ketut Soma Dana,51, asal Banjar Dinas Kelodan, Desa Suwug, Kecamatan Sawan, Buleleng.

Korban meninggal dunia di lokasi kejadian diduga karena tergencet di bangku penumpang bagian kanan. Begitu diturunkan, jenazah korban dievakuasi petugas menggunakan ambulans PMI Kabupaten Buleleng ke RSUD Buleleng. Data sementara dari kepolisian, tercatat ada 13 orang penumpang lainnya yang mengalami luka-luka. Seluruh penumpang tersebut juga dibawa ke RSUD Buleleng untuk penanganan medis.

"Ada 1 penumpang yang meninggal dunia dan 13 orang luka-luka akibat kecelakaan ini. Identitas penumpang yang mengalami luka-luka saat ini masih kami data karena kondisinya cukup krodit. Mereka ada yang mengalami patah tulang dan luka-luka gores," kata Kasi Humas Polres Buleleng, AKP Gede Sumarjaya, dikonfirmasi kemarin petang.

AKP Sumarjaya menambahkan, kasus ini masih dalam penyelidikan Sat Lantas Polres Buleleng. Sopir truk Hino masih diamankan polisi dan dimintai keterangan. Begitu juga sopir Isuzu yang masih dirawat di RSUD Buleleng karena luka lecet, juga masih diamankan untuk dimintai keterangan.

"Keduanya kami amankan, kami masih himpun keterangan dari sopir maupun penumpang," jelasnya. Kata AKP Sumarjaya, polisi telah melakukan olah TKP dan meminta keterangan sejumlah saksi di lokasi kejadian yang mengetahui kecelakaan itu. "Hasil penyelidikan sementara, kecelakaan diduga disebabkan kurang hati-hatinya pengemudi minibus DK 7261 VN yang kurang memperhatikan kendaraan lain saat akan mendahului, sehingga terjadi kecelakaan," beber Sumarjaya. *mz

Komentar