nusabali

Sandiaga Uno Diisukan Loncat ke PPP

Dasco : Gerindra Tidak Ikut Campur Kalau Nyapres

  • www.nusabali.com-sandiaga-uno-diisukan-loncat-ke-ppp

‘Kalo informasi itu benar alhamdulillah, tapi kan itu informasi dari Pak Dasco bukan dari Pak Sandi’

JAKARTA,NusaBali

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) dikabarkan bakal loncat dari Partai Gerindra ke PPP. Adalah Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad yang terang-terangan mengatakan Sandiaga Uno sebentar lagi menjadi kader dari PPP. Hal tersebut dinyatakan Dasco usai merespons terkait pernyataan 'siap capres' yang berulang kali dinyatakan Sandiaga.

"Jadi saya pikir pernyataan Pak Sandi yang mau kemudian mencapreskan dan Pak Prabowo tidak masalah, saya pikir itu tidak perlu dijadikan polemik, karena saya sudah mendengar kabar dari teman-teman Fraksi PPP bahwa Pak Sandi itu sebentar lagi sudah resmi menjadi anggota PPP," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, seperti dilansir detikcom, Rabu (28/12/2022).

Untuk itu, menurut Dasco, pernyataan siap capres Sandiaga sudah kewenangan PPP. Gerindra tak ikut campur jika dia ingin mencalonkan diri sebagai capres. "Sehingga kalau sudah jadi anggota PPP ya tentunya itu kewenangan dari partai PPP untuk mencalonkan atau tidak mencalonkan," ungkapnya.

Sebelumnya, Menparekraf Sandiaga Uno menyatakan siap maju sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024 dalam acara PPP. Sandi menjelaskan alasannya menyatakan kesiapan. Sandiaga mengatakan bahwa sebagai orang yang berkontribusi kepada bangsa dan negara harus siap andaikan diminta untuk maju menjadi capres. Namun, dia menekankan hal itu tergantung keputusan partai politik yang menaunginya, yakni Gerindra.

Sandiaga mengaku undangan diskusi dari partai politik (parpol) kerap diterimanya. Menurutnya, hal itu bagian dari proses parpol untuk lebih mengenal sosok yang berpotensi untuk diajukan pada Pilpres 2024.

Sandiaga Uno pun kembali menyatakan siap jika nantinya dipinang untuk menjadi capres. Namun, dia menekankan hal itu harus sesuai dengan arahan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

"Tentunya harus ditanyakan ke pimpinan parpol, tetapi undangan maupun diskusi itu terus berlangsung, buat saya ini bagian dari silaturahmi masing-masing elite parpol untuk lebih mengenal yang akan potensi dinominasikan, kira harus siap, jika ditunjuk juga siap untuk menjalankan tentunya sesuai dengan arahan dari Pak Prabowo sendiri kita fokus di kementerian dan segala yang kita lakukan ini kontribusinya untuk kebangkitan ekonomi," tutur Sandiaga Uno.

Informasi Sandiaga bakal loncat dari Gerindra ke PPP, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi (Awiek) mengaku belum ada informasi secara langsung dari Sandiaga. "Kalo informasi itu benar alhamdulillah, tapi kan itu informasi dari Pak Dasco bukan dari Pak Sandi," kata Awiek kepada wartawan, seperti dilansir detikcom, Rabu (28/12/2022).

Awiek lantas mengungkap hubungan baik PPP dengan Sandiaga. Dia menyebut Sandiaga selalu responsif ketika diundang dalam kegiatan PPP di beberapa daerah, meski mengatasnamakan dalam konteks sebagai Menparekraf. "Yang jelas hubungan Pak Sandi dengan PPP baik-baik saja, dan beberapa kali Pak Sandi diundang oleh struktur partai untuk menjadi narasumber dalam kegiatan dalam konteks beliau sebagai Menparekraf. Bahkan mengisi kegiatan workshop DPRD, dan juga mengisi kegiatan di tempat lain diundang pengurus PPP beliau responsif karena diundang sebagai pejabat negara," kata Awiek.

Meski begitu, Awiek mengatakan PPP tetap menghormati kalau Sandiaga masih tercatat sebagai kader Gerindra. Dia menyambut baik jika ada rencana Sandiaga gabung ke partai. "Tentu PPP menjunjung tinggi fatsun politik, menghormati fatsun politik bahwa Pak Sandi itu masih tercatat sebagai kader Gerindra," ujarnya. "Ya kalau kemudian ada informasi dari Gerindra seperti itu ya mudah-mudahan, kita menyambut baik tapi sampai saat ini dalam struktur DPP kemarin tidak ada nama Pak Sandiaga Uno, karena PPP menghormati fatsun politik yang ada," ujarnya. *

Komentar