nusabali

Kiper M Ridho Masuk Top Five Clean Sheet Liga 1

  • www.nusabali.com-kiper-m-ridho-masuk-top-five-clean-sheet-liga-1

JAKARTA, NusaBali - Asosiasi Pesepak bola Profesional Indonesia (APPI) mengeluarkan statistik tentang catatan jumlah cleansheet dari masing-masing klub Liga 1 sejak 2017. 

Hasilnya, kiper Bali United, Muhammad Ridho Djazulie, untuk pertama kalinya dalam posisi lima besar kiper dengan clean sheet terbanyak pada era Liga 1.

Dari data yang diperoleh bola.co,, kiper kelahiran Pekalongan, Jawa Tengah, itu mencatatkan 31 kali clean sheet dari 100 penampilan bersama Borneo FC, Madura United, dan Bali United.

Selama itu juga total Ridho 119 kali kebobolan. Jika melihat dari angka, apa yang ditorehkan Ridho lebih baik dibandingkan penjaga gawang Persib Bandung, Teja Paku Alam.

Teja Paku Alam di posisi keempat dalam top 10 clean sheet versi APPI. Dia menorehkan 33 clean sheet selama kariernya di Liga 1.

Namun, jumlah penampilannya lebih banyak 15 laga dibandingkan Ridho. Selain itu, Teja juga cukup banyak kebobolan, yaitu 145 kali kebobolan.

Ridho yang dikonfirmasi pada Kamis (29/12) memberikan kunci mengapa dia berhasil bertengger di lima besar clean sheet pada era Liga 1. 

"Ya karena kerja keras saat latihan serta dukungan keluarga dan juga teman-teman," kata Ridho.


Selain itu, Ridho memiliki pesaing di bawah mistar gawang yang tidak kalah mumpuni sejak bermain di Borneo FC, mulai dari Nadeo Argawinata, Gianluca Pandeynuwu, hingga kiper asal Korea Selatan di putaran kedua Liga 1 2021/2022, Hong Jeong-nam. 

Dari versi APPI, kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa, berada di posisi puncak dengan meraih 40 clean sheet dari 120 penampilan. Dia juga kebobolan 119 gol.

Posisi kedua justru diraih Jandia Eka Putra. Kiper yang diisukan hengkang dari PSS Sleman di putaran kedua Liga 1 itu juga memiliki jumlah clean sheet yang sama dengan Andritany yang merupakan Presiden APPI tersebut.

Dia mencatatkan 94 penampilan dengan 93 kali kebobolan. Mungkin APPI melihat. Jandia tidak bermain reguler selama bersama PSS pada musim ini. Mantan kiper Semen Padang dan PSIS Semarang ini baru dua kali bermain saja.*

Komentar