nusabali

Rai Mantra Berserah ke NasDem

  • www.nusabali.com-rai-mantra-berserah-ke-nasdem

Dukungan KTP untuk Rai Mantra akan dijemput di masing-masing pos Bara Rama (Balai Rakyat Rai Mantra) yang didirikan di kabupaten/kota.

Untuk Cari Kendaraan Cagub di Pilgub Bali 2018


DENPASAR, NusaBali
Walikota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra (Rai Mantra) yang digadang-gadang sebagai Cagub (Calon Gubernur) Bali 2018 berserah diri kepada Partai NasDem untuk mengumpulkan dukungan KTP, baik maju lewat jalur independen maupun jalur partai politik. Sikap pasrah kepada NasDem ini diungkapkan Rai Mantra di sela-sela peresmian Yayasan Pendidikan Pelangi Dharma Nusantara di Denpasar Selatan, Rabu (7/6) siang.

Rai Mantra tidak banyak bicara soal peluangnya bisa maju di Pilgub Bali 2018 nanti. Karena semuanya sedang berjalan dan diserahkan ke Partai NasDem yang dikomandani Ketua DPW NasDem Bali, Ida Bagus Oka Gunastawa. “Tanya ke NasDem, ke Gus Oka sajalah,” ujar Rai Mantra didampingi Ketua Yayasan Pelangi Dharma Nusantara, I Wayan Suaba yang juga Bendesa Desa Adat Klating, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan dan Ketua DPAC NasDem Denpasar Selatan, Putu Dudik Mahendra.

Rai Mantra mengatakan soal berapa jumlah KTP yang sudah dihimpun untuk maju melalui jalur independen semuanya sedang berjalan. Namun berapa jumlahnya belum diketahui pasti.

“Saya belum cek keseluruhan, tetapi sedang berjalan itu. Sejauh ini sedang jalan,” ujar Rai Mantra. Soal dukungan KTP yang gencar dan peluang yakin meloloskan dirinya ke pencalonan di KPU Bali, mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bali ini menegaskan dirinya mengikuti gerakan relawan saja. Rai Mantra juga menunjukkan sikap pasrah. “Saya seperti air mengalir sajalah. Pokoknya jalan saja,” tegas Rai Mantra.

Sementara soal komunikasi dengan partai politik yang berpeluang menjadikannya sebagai Cagub, Rai Mantra menolak bicara dan meminta NusaBali mengkonfirmasi kepada NasDem lagi.. “Tanya ke Gus Oka saja,” kilah Rai Mantra sembari menuju ke mobilnya. Sementara Ketua DPW Partai NasDem Bali, IB Oka Gunastawa mengatakan NasDem sudah menggerakkan kader, relawan, Sahabat Rai Mantra dan pendukung yang ingin bergabung dengan NasDem dan Rai Mantra. Dukungan KTP tersebut akan dijemput di masing-masing pos Bara Rama (Balai Rakyat Rai Mantra). “Nanti dijemput ke Pos Bara Rama yang sudah didirikan di kabupaten dan kota,” ujar Oka Gunastawa. Oka Gunastawa menyebutkan Cagub Rai Mantra membutuhkan 250.094 dukungan KTP yang terverifikasi.

Namun NasDem dan relawan menarget lebih dari itu. “Kami ingin dapatkan dukungan sebanyak-banyaknya. Relawan dan kader sedang bergerak mengumpulkan. Nanti kalau sudah terkumpul di masing-masing kabupaten, NasDem akan mejemputnya melalui kegiatan ‘Rai Mantra Jemput Aspirasi’,” ujar alumni Fakultas Ekonomi Unud ini. Sementara kesiapan Rai Mantra melalui jalur independen dengan mengumpulkan dukungan KTP belum bisa didaftarkan secara pasti.

Ketua KPU Bali Dewa Kade Wiarsa Raka Sandhi dikonfirmasi secara terpisah, Rabu kemarin mengatakan tahapan Pilgub Bali 2018 atau Pilkada serentak 2018 belum ada kepastian. Sehingga tidak bisa disebutkan kapan dimulainya pendaftaran Cagub-cawagub melalui calon perseorangan alias calon independen.”Belum bisa dijadwalkan secara resmi,” ujar Raka Sandhi.

Alasannya kewenangan menetapkan tahapan Pilkada serentak 2018 adalah KPU RI. “Yang menetapkan tahapan itu KPU RI. Tahapan resmi belum ada, sehingga kami menunggu pusat saja,” ungkap Raka Sandhi. *nat

Komentar